Jumat, 09 April 2021

Allah, Engkaulah Sebaik-Baik Kawasan Berharap

Muhasabah diri:
 Hanya beliau yang bisa membuatku jatuh dan mencinta Allah, Engkaulah Sebaik-baik Tempat Berharap

Rabu, 07 April 2021

Bilangan Prima, Pelajaran Matematika Kelas 4 Sd

Bilangan Prima

Saya lupa kapan persisnya bilangan prima diajarkan saat saya masih sekolah dulu. Seingat saya, waktu itu guru saya menandakan cara mencari FPB dan KPK dengan pohon faktor. Jika bilangan yang dicari faktor primanya merupakan bilangan genap, maka harus dibagi 2. Dan kalau bilangan yang dicari faktor primanya merupakan bilangan ganjil maka harus dibagi 3 atau 5. Saya tidak tahu kalau 2, 3, dan 5 yakni bilangan prima. Namanya juga anak SD, biasalah kalau guru menerangkan, muridnya tidak memperhatikan salah satunya yakni saya hehehe. 

Meskipun saya menyukai Matematika, tapi saat guru menerangkan, seringkali saya tidak mood. Bagaimana mungkin murid merasa nyaman dengan guru killer yang pemarah. Setiap mengajar , matanya merah menyerupai darah. Kamipun takut dan serba salah. Ini selalu terjadi saat pelajaran Matematika berlangsung. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru menyerupai angin kemudian saja, masuk indera pendengaran kanan, keluar indera pendengaran kiri. Alhasil banyak murid merasa pusing dan gagal paham.

Sudah menjadi sifat anak yang selalu ingin tahu, istilah zaman kini yakni kepo. Begitu pulang sekolah, saya buka-buka lagi buku Matematika dan catatan dari guru. Saya pun berusaha memahami apa yang diterangkan oleh guru saya saat di sekolah. Alhamdulillah, balasannya saya paham dengan sendirinya. Dan memang benar, Matematika itu sangat gampang sebenarnya. Ternyata kunci keberhasilan dalam berguru yakni tenang.

Ok, itulah kisah masa kecil saya saat duduk di dingklik Sekolah Dasar. Kita lanjut ya pembahasan inti yaitu wacana bilangan prima. Yang jelas, bilangan prima kini mulai dipelajari saat siswa duduk di dingklik kelas 4 SD. Siswa juga diajarkan cara mencari Faktor prima, Faktorisasi prima, FPB, dan KPK.

Baca juga pembahasan wacana faktor prima, faktorisasi prima dan Cara paling gampang mencari FPB dan KPK

Pengertian bilangan prima

Bilangan prima yakni bilangan orisinil yang lebih besar dari satu dan hanya sanggup dibagi oleh dua bilangan berbeda yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Atau dengan kata lain, bilangan prima yakni bilangan yang tidak sanggup dibagi oleh bilangan manapun kecuali bilangan 1 dan bilangan itu sendiri.

Jika ada bilangan yang lebih besar dari 1 dan bukan merupakan bilangan prima, maka bilangan itu disebut bilangan komposit. Misalnya 4,6,8,9,10 dan seterusnya.

Jika ada yang bertanya, apakah ada rumus untuk mencari bilangan prima ? Saya sendiri juga tidak tahu, tapi tampaknya memang tidak ada rumus untuk mencari bilangan prima, sebab bilangan prima tidak mempunyai contoh khusus yang tersusun secara teratur. Kaprikornus kesimpulannya, bilangan prima tidak mempunyai rumus. Cara yang paling gampang untuk memilih bilangan prima yakni dengan melihat tabel.

Berikut ini tabel bilangan prima 1-100

 Saya lupa kapan persisnya bilangan prima diajarkan saat saya masih sekolah dulu Bilangan Prima, Pelajaran Matematika Kelas 4 SD
Keterangan :
• 1 bukan bilangan prima, meskipun 1 tidak sanggup dibagi angka lain selain angka itu sendiri, namun angka 1 tidak termasuk bilangan prima. 1 disebut juga bilangan ganjil.
• 2 merupakan bilangan prima sebab hanya sanggup dibagi 1 dan 2 dan tidak sanggup dibagi oleh bilangan lain.
• 3 merupakan bilangan prima sebab hanya sanggup dibagi 1 dan 3 dan tidak sanggup dibagi oleh bilangan lain.
• 4 bukan bilangan prima, sebab masih sanggup dibagi oleh bilangan selain 1 dan 4 yaitu sanggup dibagi 2.
• 5 merupakan bilangan prima sebab hanya sanggup dibagi 1 dan 5 dan tidak sanggup dibagi oleh bilangan lain.
• 6 bukan bilangan prima, sebab masih sanggup dibagi oleh bilangan selain 1 dan 6 yaitu sanggup dibagi 2 dan 3.

Demikianlah pembahasan singkat wacana Bilangan Prima, Pelajaran Matematika Kelas 4 SD yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Senin, 05 April 2021

2 Teladan Surat Eksklusif Untuk Teman Atau Teman Lama

Surat Pribadi

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menulis surat eksklusif yang ditujukan kepada sobat atau sahabat. Menulis surat untuk sobat atau sahabat merupakan bahan Bahasa Indonesia. Sedangkan definisi dari surat yaitu sarana komunikasi untuk memberikan gosip secara tertulis oleh satu pihak kepada pihak lain.

Surat dibedakan menjadi dua yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Surat resmi disebut juga surat dinas, sedangkan surat tidak resmi disebut surat pribadi. Surat dinas bersifat resmi, ditulis berkaitan dengan kedinasan atau kelembagaan dan dibubuhi stempel, sedangkan surat eksklusif bersifat  tidak resmi dan berisi masalah-masalah pribadi. Surat eksklusif biasanya berisi banyak sekali ungkapan hati dan pengalaman pribadi. Oleh alasannya itu surat eksklusif memakai bahasa sehari-hari.
 Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menulis surat eksklusif yang ditujukan k 2 Contoh Surat Pribadi untuk Teman atau Sahabat Lama

Berikut ini yaitu teladan surat eksklusif untuk sobat atau sahabat yang dapat dijadikan rujukan untuk kiprah sekolah.

Surat 1


Kediri, 25 Oktober 2016
Untuk Sahabatku Marchellina Judith
di Jakarta
Assalamualaikum...
Hay Chellin yang cantik, apa kabar? Aku di sini baik-baik saja. Semoga kau dan keluargamu selalu dalam keadaan sehat. Sudah usang ya Lin kita tidak bertemu? Aku masih ingat terakhir kita berjumpa waktu itu kita gres saja naik kelas III dan kau pindah ke Jakarta. Sekarang saya sudah kelas VI. Kamu juga tentunya. Eh, bagaimana keadaanmu di Jakarta? Pastinya kau sudah besar dan semakin cantik. Aku dengar kau kini sudah jadi artis cilik ya ? Jika memang demikian, saya turut senang dan bangga.

Chellin, sengaja saya tulis surat ini alasannya saya kangen sama kamu. Aku rindu masa-masa kita bersama dulu. Bermain bersama, bercanda dan berguru bersama. Kita selalu menghabiskan waktu bersama-sama. Kita ini sudah ibarat saudara kan ? Masih segar dalam ingatanku, kala itu di hari ulang tahunku, kau hadir dan memberiku kado berwarna biru yang di dalamnya berisi boneka Bernard yang lucu. Mungkin kau tidak tahu, hingga ketika ini, boneka itu masih ada. Meskipun sudah buluk, tapi saya sangat menyayanginya. Kujadikan ia sebagai sobat tidurku, alasannya boneka itu mengingatkanku pada dirimu.

Lin, kapan ya masa-masa kebersamaan itu akan terulang kembali ? Meskipun kini kau sudah menjadi artis terkenal, saya harap kau tidak melupakanku. Aku disini selalu merindukanmu dan berharap kita dapat betemu lagi.

Sekian dulu ya Lin, kapan-kapan disambung lagi. Kalau ada waktu segera balas suratku ini. Jika kau tidak membalasnya berarti kau itu sombong apalagi kini sudah punya banyak penggemar. Ingat, anak yang sombong itu temannya syetan hehe. Oh ya, sampaikan salamku kepada papa dan mamamu. Pesanku, jaga diri baik-baik. Jangan lupa belajar. Semoga kita dapat segera bertemu.

Wassalamualaikum...
Salam Manis,
Sahabatmu
ttd
Amelia Putri

Surat 2


Jakarta, 2 Nopember 2016
Untuk sahabatku Amelia Putri tersayang
di Kediri
Assalamualaikum...
Hay Amel yang manis, Alhamdulillah saya dan keluargaku baik-baik saja di sini. Akupun bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kamu benar sudah usang kita tidak bertemu. Aku bukan saja sudah besar. Kini saya tumbuh menjadi gadis cukup umur dan semakin bagus tentunya hehe. Sama ibarat dirimu, saya kini sudah kelas VI. Aku yakin bila kau juga semakin manis. Memang benar Mel, kini saya jadi artis cilik. Makara artis itu ada yummy dan tidaknya. Sebelumnya saya tidak pernah berpikir menjadi artis. Itu terjadi alasannya kebetulan. Kini hari-hariku disibukkan dengan aktivitas syuting yang padat. Benar-benar sangat melelahkan. Aku hampir tidak mempunyai waktu bermain sekarang.

Mel, mungkin kau tidak tahu, disini saya juga merindukanmu. Aku selalu merindukan masa-masa kebersamaan denganmu ibarat dulu. Aku kangen suasana di desa dan teman-teman semua. Trima kasih ya ternyata kado dariku masih kau simpan. Ketika membacanya, saya tertawa geli. Segitunya kau mengasihi si Bernard. Teganya kau samakan diriku dengan si Bernard hihihi.

Mel, kapan ke Jakarta ? Sekali-kali main dong kesini. Aku niscaya mengajakmu jalan-jalan keliling Jakarta. Oh ya, saya punya kabar baik untukmu. Liburan semester tahun ini, InsyaAllah saya ke Kediri. Kamu tahu kan, Tante Hana, yang dulu sering mengantarkan saya les. Tante Hana ini akan menikah dengan orang Kediri. Aku senang banget. Karena kini saya punya keluarga di Kediri.

Aku rasa cukup hingga disini dulu ya Mel. Jangan khawatir, saya masih Marchellina yang dulu. Sahabat karibmu. Jarak dan waktulah yang memisahkan kita. Belajar yang rajin ya. Aku selalu mendoakanmu disini. Mama dan papa titip salam kepadamu. Jaga diri kau baik-baik ya. Tunggu kedatanganku ! Sampai jumpa.

Wassalamualaikum...
Sahabatmu,
ttd
Marchellina Judith

Demikianlah 2 Contoh Surat Pribadi untuk Teman atau Sahabat Lama. Semoga bermanfaat.

Sabtu, 03 April 2021

Wawancara Dengan Pedagang Cilok Dan Pedagang Nasi Pecel Tumpang

Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan 2 pola teks wawancara untuk memenuhi kiprah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum membahas pola teks, ada baiknya kita ulas lagi wacana pengertian wawancara.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wawancara yakni kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh pewawancara sebagai penanya dan narasumber sebagai orang yang ditanya. Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk menggali gosip tertentu dengan cara tanya jawab guna mencapai tujuan yang direncanakan untuk wawancara itu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam wawancara diantaranya yakni :
1. Menentukan topik wawancara (permasalahan yang akan dibicarakan)
2. Menentukan narasumber (orang yang bersedia diwawancarai)
3. Membuat kesepakatan dengan narasumber (menentukan waktu dan daerah untuk bertemu)
4. Membuat daftar pertanyaan
5. Menggunakan bahasa yang sopan dan santun

 pola teks wawancara untuk memenuhi kiprah mata pelajaran Bahasa Indonesia Wawancara dengan Pedagang Cilok dan Pedagang Nasi Pecel Tumpang

1. Wawancara dengan pedagang pentol cilok


Siswi : "Permisi bang, maaf mengganggu. Boleh minta waktunya sebentar?"
Penjual : "Iya boleh non. Ada yang bisa saya bantu ?"
Siswi : "Perkenalkan, saya Zowiya. Begini bang, saya menerima kiprah dari guru Bahasa Indonesia untuk mewawancarai pedagang sebagai narasumber. Apa kakak bersedia untuk diwawancarai ?"
Penjual : "Silahkan non, dengan bahagia hati."
Siswi : "Kapan kakak memulai perjuangan menjual cilok ini ?"
Penjual : "Sejak tahun 2000 non."
Siswi : "Mengapa kakak menentukan berjualan cilok ?"
Penjual : "Abang berjualan cilok lantaran kemampuan yang kakak miliki hanya sebatas ini non".
Siswi : "Berapa modal awal yang kakak keluarkan untuk berjualan ?"
Penjual : "Waktu itu modalnya hanya Rp.100.000, non."
Siswi : "Apa saja bahan-bahan yang diharapkan untuk menciptakan cilok?" 
Penjual : "Bahannya tepung kanji, daging ayam, penyedap rasa. Untuk bumbu suplemen menyerupai saus, biasanya kakak memakai bumbu kacang, kecap, dan saus sambal."
Siswi : "Pada ketika awal berjualan , kakak membuka perjuangan dirumah atau pribadi berjualan keliling?"
Penjual : "Mulanya kakak berjualan di rumah non, tapi ternyata sepi pembeli. Akhirnya kakak tetapkan untuk berjualan keliling. Biasanya kakak pribadi ke sekolah-sekolah."
Siswi : "Abang berjualan mulai jam berapa hingga jam berapa ?"
Penjual : "Kalau pagi biasanya jam 09.00-12.00. Sorenya kakak berjualan lagi mulai jam 16.00-20.00".
Siswi : "Berapa penghasilan rata-rata kakak setiap harinya ?"
Penjual : "Tidak tentu non, terkadang penghasilan sehari Rp.250.000 dengan laba higienis Rp.80.000. Jika tidak terjual habis hanya sanggup Rp.150.000. Namanya juga berdagang, kadang ramai, kadang sepi non."
Siswi : " Apabila dagangan tidak habis terjual, itu dibuang atau diolah lagi?"
Penjual : "Biasanya kalau masih ada dihangatkan lagi non. Tapi rasanya jadi beda. Yang sering, jikalau dagangan tidak habis terjual, kakak berikan kepada tetangga."
Siswi : "Biasanya para pedagang memakai materi pengawet semoga dagangannya tahan lama. Bagaimana berdasarkan kakak ?"
Penjual : "Waduh, sejauh ini kakak belum pernah menggunakannya non. Alhamdulillah, dagangan cilok kakak seringkali habis terjual. Di satu sisi penggunaan materi pengawet itu tidak baik untuk kesehatan."
Siswi : "Ooh, begitu ya bang, baguslah. Selama menjalankan perjuangan ini, pernahkah kakak berpikir untuk mencari pekerjaan lain ?"
Pedagang : "Tidak non. Apa yang bisa diharapkan dari orang menyerupai kakak yang SD saja tidak tamat. Abang sudah sangat bersyukur dengan perjuangan ini. Meskipun penghasilan tidak seberapa yang penting cukup untuk menghidupi keluarga."
Siswi : "Oh begitu ya bang. Saya kira sudah cukup. Sudah banyak gosip yang saya dapatkan. Semoga perjuangan kakak semakin sukses dan berkah. Trima kasih banyak sudah memberi saya kesempatan untuk mewawancarai abang."
Penjual : 'Aamiin. Sama-sama non."

2. Wawancara dengan pedagang nasi pecel tumpang


Pewawancara : "Selamat malam bu, mohon maaf mengganggu."
Pedagang : "Selamat malam mas."
Pewawancara : " Bagaimana hasil jualannya hari ini bu ?"
Pedagang : "Alhamdulillah lancar mas."
Pewawancara : " Begini bu, saya ada kiprah untuk mewawancarai ibu. Apakah ibu berkenan?"
Pedagang : "Ooh, silahkan mas."
Pewawancara : "Bu, bisa anda ceritakan awal mulanya ibu jualan nasi pecel tumpang?"
Pedagang : "Ya. Makara begini mas, sebelum saya jualan nasi pecel tumpang, saya jualan sayur. Kemudian suami menawari saya jualan nasi. Saya tanya, jualan dimana? Suami saya menjawab di pos gardu depan pasar desa. Waktu itu saya berpikir sejenak. Menimbang-nimbang keputusan. Akhirnya, saya baiklah untuk jualan ya disini ini tempatnya."
Pewawancara : "Itu tahun berapa, bu?"
Pedagang : "Saya masih ingat betul pertama kali jualan itu tanggal 17 Agustus 2000 bertepatan dengan upacara hari kemerdekaan yang di selenggarakan di lapangan desa ini."
Pewawancara : "Waktu pertama kali jualan itu bagaimana bu?"
Pedagang : "Awalnya tidak menyerupai ini mas. Saya belum jualan banyak menyerupai ini. Hanya nasi pecel tumpang dan minuman saja. Namanya juga masih gres mas. Pembeli belum begitu banyak. Yang namanya orang jualan ada saja halangannya. Dulu saya sering kali diusili orang. Sepulang dari jualan kan segala perabot hanya saya letakkan di belakang pos ini. Mulai gelas, piring, sendok. Semua saya simpan dalam kardus bekas air mineral. Ternyata perabot-perabot jualan milik saya itu dicuri orang. Tapi saya biarkan saja. Saya ikhlaskan. Mungkin ini cobaan orang mencari rejeki. Bahkan saya juga pernah mas, dikerjain orang yang iri. Tapi ya lagi-lagi saya biarkan. Saya tidak mau membalasnya. Biar Yang Kuasa yang membalas."
Pewawancara : "Benar bu, jikalau kita ikhlas, dan tetap berbuat baik, niscaya Allah ganti dengan rejeki yang lebih banyak."
Pedagang : "Iya mas, saya percaya kalau Gusti Allah ora sare."
Pewawancara : "Ngomong-ngomong, nasi pecel tumpang bu Endang ini kan populer yummy bahkan populer hingga luar kota juga. Kalau boleh tahu, itu resepnya apa ya bu?"
Pedagang : "Sebenarnya tidak begitu sulit membuatnya mas, alasannya yakni bahan-bahannya sangat merakyat. Pecel berbahan dasar kacang tanah sedang tumpang lebih ke perpaduan tempe waras dan tempe bosok yang diracik dengan cabai rawit dan cabai besar dengan rempah-rempah lainnya. Namun, cita rasa yang dihasilkan akan berbeda antara satu tangan dengan tangan yang lain. Antara warung lesehan yang satu dengan yang lainnya. Begitulah. Masing-masing akan mempunyai cita rasa yang khas."
Pewawancara : " Ooh begitu ya bu. Satu pincuk nasi pecel tumpang ini ibu jual berapa ?"
Pedagang : "Tidak mahal mas, hanya 5000 rupiah saja."
Pewawancara : "Bu, lesehan ini biasanya buka dari jam berapa hingga jam berapa?"  
Pedagang : "Kalau persiapan itu jam lima sore, mas. Setelah magrib mulai jualan hingga malam jam dua belas."
Pewawancara : "Setiap hari berapa kilo nasi yang ditanak, bu?"
Pedagang : "Tidak pasti. Tapi kalau dirata-rata kurang lebih 10 Kg setiap harinya. Seperti kemarin itu, saya hingga menanak dua kali saking ramainya."
Pewawancara : "Pernah tidak bu hingga tidak habis jualannya?"
Pedagang : "Ya pernah, mas."
Pewawancara : "Kalau tidak habis, nasinya itu dibuang atau dibagi-bagikan?"
Pedagang : “Biasanya dibagikan, namun kadang-kadang kalau sisa nasinya banyak itu dibentuk krupuk puli, mas."
Pewawancara : "Kalau kulupan dan lalapannya tidak habis bagaimana bu?"
Pedagang : "Kalau itu dibuang, mas. Soalnya kan tidak tahan lama."
Pewawancara : "Selama 16 tahun jualan nasi pecel tumpang, apa mimpi dan impian njenengan bu ?"
Pedagang : "Maksudnya ?"
Pewawancara : "Maksud saya satu keinginan besar yang mungkin hingga hari ini masih belum terwujud."
Pedagang : "Waah banyak, mas. Anak saya kan 5. Yang 2 sudah menikah tapi belum punya rumah. Yang 3  masih sekolah itu minta dikuliahkan semua. Ya, mudah-mudahan saya diberi rejeki yang banyak, jualannya lancar sehingga bisa membantu anak dikit-dikit untuk membangun rumah serta menyekolahkan ketiga anak saya itu hingga perguruan tinggi tinggi."
Pewawancara : "Aamiin. Baiklah bu, lantaran waktu sudah mengatakan pukul sebelas, saya mohon pamit. Saya ucapkan trimakasih banyak atas waktu yang ibu luangkan. Semoga perjuangan ibu ini semakin sukses."
Pedagang : "Aamiin. Sama-sama mas."

Demikian Wawancara dengan Pedagang Cilok dan Pedagang Nasi Pecel Tumpang yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan tumpuan untuk memenuhi kiprah sekolah. Selamat berguru !

Selasa, 02 Maret 2021

Rumus Jarak Pada Peta, Skala Peta, Jarak Sebenarnya

Pada pelajaran Matematika maupun IPS geografi niscaya membahas ihwal Peta termasuk menghitung, mencari, atau memilih jarak pada peta, skala peta, jarak sebenarnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan berguru ihwal rumus jarak pada peta, skala peta, jarak bahu-membahu yang mencakup ihwal cara memilih jarak pada peta, cara memilih skala peta, cara memilih jarak sebenarnya.

Untuk menghitung, mencari, atau memilih jarak pada peta, skala peta, jarak bahu-membahu kita masih memakai segitiga abnormal menyerupai menghitung, mencari, atau memilih volume, debit, dan waktu pada pelajaran Debit Air. Perbedaannya hanya pada hurufnya saja. Namun demikian tentunya abjad pada rumus mengandung pengertian yang tidak sama.

Pada pelajaran Matematika maupun IPS geografi niscaya membahas ihwal  Rumus Jarak pada Peta, Skala Peta, Jarak Sebenarnya

Segitiga ini dapat membantu bawah umur untuk mencari jarak peta, skala peta, dan jarak sebenarnya. Anak cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanyakan. Sehingga anak akan tahu tanpa menghafal, bahwa :

JP = Jarak Peta
S = Skala
JB = Jarak Sebenarnya
Cara menghafalkan rumus ini dapat memakai kependekan Jampang Suka Jambu :) atau Jupe Suka Justin Beiber. Jangan Jupe ah ... !

Namun sebelumnya kita pahami dulu ya biar rumusnya nanti tidak terbalik-balik. Dan berikut ini pengertian tentang:

Jarak pada peta
Jarak pada peta yakni jarak antara satu wilayah ke wilayah lain yang ada pada peta mewakili jarak bahu-membahu di atas permukaan bumi. Jarak pada peta ini biasanya memakai satuan cm.

Skala peta
Skala peta yakni rasio atau angka perbandingan antara jarak dua titik pada peta dengan jarak bahu-membahu di atas permukaan bumi. Skala peta biasanya memakai perbandingan misal 1: 500.000 dibaca 1 cm pada peta mewakili 500.000 cm/ 5 km  (jarak sebenarnya) di atas permukaan bumi.

Jarak sebenarnya
Jarak bahu-membahu yakni jarak bahu-membahu antara satu wilayah ke wilayah lain. Jarak bahu-membahu biasanya memakai satuan km.

Menentukan Jarak pada Peta

Berikut ini yakni pola soal mencari jarak pada peta beserta cara menghitungnya memakai segitiga ajaib.

Contoh soal
Jarak kota A ke kota B 60 km. Jarak tersebut digambar pada peta dengan skala 1 : 1.500.000. Berapa cm jarak kota A-B pada peta?

Jawaban
Untuk mencari jarak pada peta, maka gunakan rumus segitiga abnormal menyerupai di bawah ini.

Pada pelajaran Matematika maupun IPS geografi niscaya membahas ihwal  Rumus Jarak pada Peta, Skala Peta, Jarak Sebenarnya

Diketahui jarak bahu-membahu = 60 km = 6.000.000 cm (jarak harus dirubah menjadi cm)
Skala peta = 1 : 1.500.000
Ditanyakan jarak pada peta?

JP = S x JB
JP = 1/1.500.000 x 6.000.000
JP = 4 cm
Kaprikornus jarak pada peta yakni 4 cm

Menentukan Skala Peta

Berikut ini yakni pola soal mencari skala peta beserta cara menghitungnya memakai segitiga ajaib.

Contoh soal
Jarak kota D - E yakni 320 km. Jika jarak kota D - E pada peta 8 cm. Tentukan skala peta !

Jawaban
Untuk mencari skala peta, maka gunakan rumus segitiga abnormal menyerupai di bawah ini.

Pada pelajaran Matematika maupun IPS geografi niscaya membahas ihwal  Rumus Jarak pada Peta, Skala Peta, Jarak Sebenarnya

Diketahui jarak bahu-membahu = 320 km = 32.000.000 cm (jarak harus dirubah menjadi cm)
Jarak pada peta = 8 cm
Ditanyakan skala?

S = JP : JB
S = 8 : 32.000.000
S = 1/4.000.000
Kaprikornus skala peta = 1 : 4.000.000

Menentukan Jarak Sebenarnya

Berikut ini yakni pola soal mencari jarak bahu-membahu beserta cara menghitungnya memakai segitiga ajaib. 

Contoh soal
Pada peta, jarak kota P ke kota R 12 cm. Skala peta 1 : 3.500.000. Berapa jarak kota P - R yang sebenarnya?

Jawaban
Untuk mencari jarak sebenarnya, maka gunakan rumus segitiga abnormal menyerupai di bawah ini.

Pada pelajaran Matematika maupun IPS geografi niscaya membahas ihwal  Rumus Jarak pada Peta, Skala Peta, Jarak Sebenarnya

Diketahui jarak pada peta = 12 cm
Skala peta = 1 : 3.500.000
Ditanyakan jarak bahu-membahu ?

JB = JP : S
JB = 12 : 1/3.500.000
JB = 12 x 3.500.000 (pembagian dengan pecahan harus dibalik)
JB = 42.000.000 cm = 420 km
Kaprikornus jarak bahu-membahu yakni 420 km



Berbicara mengenai Jarak pada Peta, Skala Peta, Jarak Sebenarnya, banyak yang masih galau menerapkan rumusnya hingga ada yang kebalik-balik. Tapi dengan rumus segitiga abnormal ini, dijamin gampang deh :)

Dengan adanya rumus segitiga abnormal ini, semoga adik-adik dapat mengerjakan Soal Skala Peta, Jarak pada Peta, dan Jarak Sebenarnya dengan mudah.

Itulah Rumus Jarak pada Peta, Skala Peta, Jarak Sebenarnya dengan segitiga abnormal yang dapat aku bagikan. Semoga bermanfaat. Keep studying.

Senin, 01 Maret 2021

Bentuk-Bentuk Tulang Daun Pada Flora Hijau

Pada umumnya, semua flora mempunyai daun meskipun ada juga flora yang tidak mempunyai daun menyerupai kaktus. Namun bekerjsama kaktus mempunyai daun hanya saja daunnya dimodifikasi menjadi duri.

Daun pada Tumbuhan 

Daun umumnya berwarna hijau dan tumbuh pada ranting. Hampir setiap daun mempunyai zat hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil sendiri yaitu molekul dalam daun yang berperan sebagai penyerap energi dari cahaya matahari untuk mengubah H2O (air) dan CO2 (gas karbon dioksida) menjadi O2 (oksigen) dan gula. Proses absorpsi energi dari cahaya matahari menjadi materi masakan flora pada daun disebut dengan fotosintesis. Selain untuk fotosintesis, daun juga dipakai flora sebagai alat pernapasan.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana daun untuk mengklasifikasikan flora menurut bentuk tulang daunnya. Bentuk-bentuk tulang daun pada flora hijau sanggup dibedakan menjadi 4 yaitu bentuk tulang daun menyirip, melengkung, menjari, dan sejajar.

Bentuk-bentuk Tulang Daun

Berikut ini yaitu bentuk-bentuk tulang daun pada flora hijau beserta pola flora lengkap dengan gambarnya.

1. Tulang Daun Menyirip


 semua flora mempunyai daun meskipun ada juga flora yang tidak mempunyai daun menyerupai  Bentuk-bentuk Tulang Daun pada Tumbuhan Hijau

Dilihat dari namanya yaitu menyirip maka tulang daun menyirip mempunyai bentuk menyerupai susunan sirip ikan. Daunnya tersusun rapi mulai dari tangkai sampai ujung dari helai daun. Daun menyirip contohnya yaitu daun mangga, daun jambu, daun nangka, daun rambutan dan masih banyak lagi.

2. Tulang Daun Melengkung 


 semua flora mempunyai daun meskipun ada juga flora yang tidak mempunyai daun menyerupai  Bentuk-bentuk Tulang Daun pada Tumbuhan Hijau

Tulang daun melengkung yaitu daun yang memilki tulang daun berbentuk menyerupai garis-garis melengkung dengan ujung-ujung tulang daun yang terlihat menyatu sehingga bentuk daunnya pun cenderung agak melengkung. Daun dengan jenis tulang daun melengkung contohnya yaitu daun gadung, daun waru, daun sirih, dan daun genjer.

3. Tulang Daun Menjari


 semua flora mempunyai daun meskipun ada juga flora yang tidak mempunyai daun menyerupai  Bentuk-bentuk Tulang Daun pada Tumbuhan Hijau

Tanaman bertulang daun menjari mempunyai bentuk daun dengan satu tulang daun yang cukup besar dan berbentuk menyerupai jari-jari tangan manusia. Daun dengan tulang daun menjari ini sanggup kita jumpai pada daun singkong, daun pepaya, daun kapas, daun jarak, dan lain-lain.

4. Tulang Daun Sejajar


 semua flora mempunyai daun meskipun ada juga flora yang tidak mempunyai daun menyerupai  Bentuk-bentuk Tulang Daun pada Tumbuhan Hijau

Bentuk tulang daun sejajar menyerupai garis-garis lurus yang sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun ini menyatu. Daun dengan tulang sejajar juga terdapat pada daun yang mempunyai satu tulang daun besar membujur ditengah sedangkan tulang-tulang lainnya lebih kecil dan semuanya terlihat mempunyai arah sejajar dengan tulang utama. Contoh daun sejajar contohnya daun tebu, daun padi, daun pohon jagung, daun kelapa, rumput dan yang lainnya.

Itulah pembahasan wacana Bentuk-bentuk Tulang Daun pada Tumbuhan Hijau yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat.

Procedur Text, Definisi, Generic Structure, Dan Contohnya

Procedure text ialah salah satu materi bahasa Inggris yang diajarkan kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama dan SMU. Biasanya siswa-siswi diberikan kiprah menciptakan procedur text lalu dihafalkan untuk presentasi di depan kelas. Oleh alasannya ialah itu pada kesempatan kali ini kita akan berguru wacana procedur text, definisi, generic structure, dan teladan mekanisme text lengkap dengan terjemahannya. Oh ya, mungkin ada yang belum tahu apa sih procedur text itu?

Procedure text ialah salah satu materi bahasa Inggris yang diajarkan kepada siswa Procedur Text, Definisi, Generic Structure, dan Contohnya

Definisi Procedur Text


Definisi procedur text ialah teks yang menunjukkan kita perintah atau arahan untuk melaksanakan sesuatu. 

Pernahkan kalian menciptakan masakan atau minuman dari resep yang kalian baca? Pada resep masakan atau minuman biasanya disebutkan bahan-bahan dan langkah-langkah pembuatannya. Resep yang kalian baca itu merupakan teladan mekanisme text.

Ketika SD dulu juga diajarkan wacana procedur text dalam bahasa Indonesia yaitu wacana petunjuk penggunaan benda dan cara melaksanakan sesuatu. Kalau tidak salah materi ini diajarkan saat kelas 3 SD. Petunjuk cara melaksanakan sesuatu ini dalam bahasa Inggris disebut procedur text dan biasanya judul procedur text diawali dengan “How to ... (Bagaimana cara...). Sesuatu yang dimaksud sanggup berarti, benda, makanan, dan sebagainya. Sebagai teladan misalnya, How to operate computer ( Cara mengoperasikan komputer), How to make orange juice (Cara menciptakan jus jeruk) dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Procedure Text 

Untuk menciptakan teks mekanisme maka kita harus memperhatikan syarat-syarat yang harus ada yaitu:
1. Menggunakan Simple Present Tense
2. Menggunakan kalimat perintah (Imperative) tanpa  subjek sehingga kalimat diawali dengan memakai kata kerja (verb), contohnya cut, boil, stir, plug in, dan lain sebagainya.
3. Menggunakan kata penghubung sebagai penghubung antara satu kegiatan dengan kegiatan yang lain contohnya first, firstly, second, secondly, then, next, after that, finally, last, dan sebagainya.
4. Menggunakan kata keterangan (Adverbs) untuk keterangan waktu (time), contohnya for 2 minutes, one hour, thirty minutes, dan juga untuk menunjukkan keterangan cara (manner), contohnya thoroughly, well, fast, dan sebagainya.

Tujuan Procedure Text

The purpose of Procedure Text is to make the reader understand how to make or how to operate something with a sequence of actions or steps. Artinya, tujuan dari teks mekanisme ialah untuk menciptakan para pembaca paham atau mengerti bagaimana cara menciptakan atau melaksanakan sesuatu dengan serangkaian langkah secara berurutan.

Generic Structure of Procedur Text

Procedure Text mempunyai struktur atau susunan yang sudah umum. Berikut ini ialah Generic Structure dari Procedure Text:
1. Title
Title (judul) merupakan goal (tujuan) dari procedure text. Intinya procedur text dibentuk untuk menunjukkan isu dan tujuannya terletak pada judul dari teks mekanisme itu sendiri.

2. Materials/ Ingredients
Materials atau ingredients (bahan-bahan atau peralatan) merupakan daftar materi atau bahan-banan dan peralatan yang diharapkan dan harus ditulis dalam menciptakan procedure text.

Ada beberapa jenis procedure text yang tidak memakai bab Materials/ Ingredients yaitu:
• Procedure Text yang menjelaskan cara melaksanakan sesuatu secara manual, contohnya How to use digital camera, How to use blender, How to clean notebook, dan sebagainya.
• Procedure Text yang menjelaskan cara melaksanakan aktivitas-aktivitas tertentu contohnya How to speak English well, How to play chest, dan sebagainya.
• Procedure Text yang bekerjasama dengan kebiasaan atau sifat manusia, ibarat How to succeed, How to be happy, How to move on, How to be a good person, How to look beautifully, dan sebagainya.

3. Steps 
Steps atau langkah-langkah merupakan klarifikasi langkah-demi langkah yang ditulis secara berurutan dari awal hingga proses terakhir. Dengan demikian maka tujuan dari teks mekanisme tersebut tercapai.

Contoh Procedur Text

Ada aneka macam teladan procedur text. Berikut ini ialah beberapa teladan procedur text singkat semoga gampang dihafalkan beserta terjemahannya semoga gampang dipahami.

1. How To Make Mango Juice


Procedure text ialah salah satu materi bahasa Inggris yang diajarkan kepada siswa Procedur Text, Definisi, Generic Structure, dan Contohnya

Materials:
• A glass of ice pack
• A spoon of sugar
• A piece of mango
• A half glass of water

Steps :
1. First, peel the mango and clean it
2. Next, cut the mango into pieces and put them into the juicer
3. Then, put the water, ice and sugar
4. After that turn on the juicer and wait about 15 seconds
5. Finally, pour the mango juice into the glass and ready to drink

Terjemahan :
 1. Cara Membuat jus mangga
Bahan:
• Segelas es
• Satu sendok gula
• Sepotong mangga
• Setengah gelas air
Langkah-langkah:
1. Pertama, kupas mangga dan bersihkan
2. Berikutnya, potong mangga menjadi potongan-potongan dan tempatkan ke dalam juicer
3. Kemudian, tempatkan air, es dan gula
4. Setelah itu hidupkan juicer dan tunggu sekitar 15 detik
5. Akhirnya, tuangkan jus mangga ke dalam gelas dan siap untuk diminum

2. How To Make Orange Juice


Procedure text ialah salah satu materi bahasa Inggris yang diajarkan kepada siswa Procedur Text, Definisi, Generic Structure, dan Contohnya

Materials :
• 125 ml sugar
• 5 ml vanilla extract
• 1 handful ice cubes
• 165 ml orange juice concentrate
• 250 ml milk
• 250 ml water

Steps :
1. Combine all ingredients in blender except ice cubes.  .
2. Add ice cubes and blend until smooth
3. Pour in a glass

Terjemahan:
2. Cara Membuat Orange Juice
Bahan:
• 125 ml gula
• 5 ml ekstrak vanili
• 1 genggam es batu
• 165 m jus jeruk konsentrat
• 250 ml susu
• 250 ml air

Langkah-langkah:
1. Campurkan semua materi dalam blender kecuali es batu.
2. Tambahkan es kerikil dan blender hingga halus
3. Tuang dalam gelas

3. How to Make Tomato Soup


Procedure text ialah salah satu materi bahasa Inggris yang diajarkan kepada siswa Procedur Text, Definisi, Generic Structure, dan Contohnya

Materials :
•  8 cups of water
•  ¼ teaspoon of pepper
• 3 small clove garlic
• ¼ teaspoon of butter
• 4 large tomatoes
• spices
• 1 small onion
• ½ teaspoon of salt

Steps :
1. Cut tomatoes, onions, and garlic into small pieces.
2. Fry them in a pan with butter for five minutes.
3. Add water, spices, salt and pepper.
4. Heat until the water boils.
5. Turn down the heat and cover with lid. Cook gently for one hour.

Terjemahan :
3. Cara Membuat Soup Tomat
Bahan:
• 8 gelas air
• ¼ sendok teh lada
• 3 siung bawang putih kecil
• ¼ sendok teh mentega
• 4 tomat besar
• bumbu-bumbu
• 1 bawang kecil
• ½ sendok teh garam

Langkah-langkah:
1. Potong tomat, bawang, dan bawang putih kecil-kecil.
2. Goreng dalam wajan dengan mentega selama lima menit.
3. Tambahkan air, rempah-rempah, garam dan merica.
4. Panaskan hingga air mendidih.
5. Kecilkan api dan tutup dengan tutupnya. Masak dengan api kecil selama satu jam.

4. How To Make Bolu Cake


Procedure text ialah salah satu materi bahasa Inggris yang diajarkan kepada siswa Procedur Text, Definisi, Generic Structure, dan Contohnya

Ingredients:
• 12 eggs
• 1/4 kg of butter
• 3/8 kg of sugar
• 2 sachet of vanilla
• 1/2 tbs of Ovalet
• 3 1/2 ons of wheat flour
• 5 tbs of milk powder
• 1 package of chocolate powder.

Steps:
1. Remove the egg yolk and albumen and place them in different bowl.
2. Mix the butter, sugar, vanilla, and ovalet for 10 minutes.
3. Put the yolk into the dough and blend again at least 10 minutes.
4. Pour the wheat flour little by little into the dough and stir well.
5. Pour the milk powder little by little into the dough and stir well.
6. Pour the chocolate powder little by little into the dough and stir well.
7. Blend the albumen around 5 minutes.
8. Pour the albumen into the dough. Blend them around 10 minutes.
9. Prepare a baking pan lubricated with butter. Pour the dough. Put into the panggangan and bake around 40 minutes in 25 degrees celcius.
10. Lift the cake and put on the plate. Spread some sugar on it. The bolu cake is ready to serve.

Terjemahan :
4. Cara Membuat Kue Bolu
Bahan:
• 12 telur
• 1/4 kg mentega
• 3/8 kg gula
• 2 sachet vanili
• 1/2 sdm Ovalet
• 3 1/2 ons tepung terigu
• 5 sdm susu bubuk
• 1 paket bubuk cokelat.

Langkah-langkah:
1. Lepaskan kuning telur dan albumen (putih telur) dan tempatkan dalam mangkuk yang berbeda.
2. Campur mentega, gula, vanili, dan ovalet selama 10 menit.
3. Masukkan kuning telur ke dalam gabungan dan baur lagi setidaknya 10 menit.
4. Tuang tepung terigu bertahap ke dalam adonan, aduk rata.
5. Tuang susu bubuk bertahap ke dalam adonan, aduk rata.
6. Tuangkan cokelat bubuk bertahap ke dalam adonan, aduk rata.
7. Haluskan albumen sekitar 5 menit.
8. Tuangkan albumen ke dalam adonan. Uleni sekitar 10 menit.
9. Siapkan loyang dilumasi dengan mentega. Tuang adonan. Taruh ke dalam panggangan dan panggang sekitar 40 menit di 25 derajat celcius.
10. Angkat camilan anggun dan tempatkan di piring. Taburi beberapa gula di atasnya. Kue bolu siap disajikan.

5. How To Make Fried Rice


Procedure text ialah salah satu materi bahasa Inggris yang diajarkan kepada siswa Procedur Text, Definisi, Generic Structure, dan Contohnya

Material:
• 2 plates of rice
• 1 clove of garlic and onion
• 1 tablespoon tomato sauce
• 1 egg, beaten
• 100 grams of chicken meat
• 1 tablespoon cooking oil
• Salt

Steps:
1. First heat oil and saute garlic until the garlic smell out, and also saute onion.
2. After that add chicken, stir briefly until slightly cooked.
3. Next add the eggs, stirring until eggs are cooked cracked.
4. And then insert white rice, tomato sauce, and salt, mix well with the spices.
5. After suit your taste, you can add fried shrimp, or even crackers.

Terjemahan
5. Cara Membuat Nasi Goreng
Bahan:
• 2 piring nasi
• 1 siung bawang putih dan bawang
• 1 sendok makan saus tomat
• 1 butir telur, kocok
• 100 gram daging ayam
• Minyak goreng 1 sendok makan
• Garam

Langkah-langkah:
1. Pertama panaskan minyak, tumis bawang putih hingga bawang putih berbau, dan juga tumis bawang merah.
2. Setelah itu masukkan ayam, aduk sebentar hingga agak matang.
3. Berikutnya tambahkan telur, aduk hingga telur dimasak retak.
4. Dan Kemudian Masukkan nasi putih, saus tomat, dan garam, aduk rata dengan bumbu.
5. Setelah sesuai selera anda, anda sanggup menambahkan udang goreng, atau bahkan kerupuk.

Demikianlah materi bahasa Inggris wacana Procedur Text, Definisi, Generic Structure, dan Contohnya yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat. Keep studying !