Senin, 09 November 2020

Soal Uts Ipa Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun Pedoman 2018/2019

Berikut ini ialah pola latihan Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019. Soal UTS IPA ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS IPA ini sanggup membantu adik-adik kelas 6 untuk persiapan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) 2

Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 2 Terbaru


Berikut ini ialah pola latihan Soal UTS IPA Kelas  Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019


I. Berilah tanda silang (X) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Peristiwa yang memperlihatkan bahwa gaya sanggup mengubah arah gerak benda adalah...
a. bola yang bergerak kemudian ditahan
b. bola yang menggelinding ditendang ke arah samping
c. segumpal tanah dibuat menjadi boneka
d. kelereng yang menggelinding kemudian berhenti

2. Berikut ini yang tidak termasuk faktor-faktor yang memengaruhi gerak benda ialah ....
a. panas dinginnya suatu daerah yang dilintasi benda
b. turun naiknya permukaan yang dilintasi benda
c. halus kasarnya permukaan yang dilintasi benda
d. berat ringannya suatu benda

3. Bersepeda ialah acara yang menyenangkan. Pada dikala bersepeda, kita telah memperlihatkan gaya sehingga sepeda sanggup berjalan ataupun berhenti. Berikut keterkaitan gaya dikala bersepeda yang benar ialah ....
a. gaya dorongan pada pedal dikala dikayuh mengakibatkan roda berputar ke arah depan sehingga sepeda bergerak
b. gaya dorongan pada pedal akan menciptakan sepeda berbelok arah
c. gaya tarikan pada pedal rem mengakibatkan benda berbelok
d. gaya dorongan pada pedal mengakibatkan sepeda melambat

4. Gaya yang sanggup mengakibatkan jungkat jungkit naik turun ialah gaya ....
a. tarikan
c. gesekan
b. dorongan
d. gravitasi

5. Batu baterai sering dipakai insan sebagai sumber energi listrik untuk menggerakkan jarum
jam, menggerakkan motor mainan, dan menyalakan senter. Energi listrik pada baterai berasal dari ....
a. air
b. materi bakar minyak
c. materi kimia
d. sinar matahari

6. Motor menjadi alat transportasi yang banyak dipakai masyarakat. Alat transportasi ini ada serpihan yang memakai baterai untuk menghasilkan dan menyimpan listrik. Jenis baterai yang cocok dipasang di motor ialah ....
a. aki
b. dinamo
c. sel surya
d. kerikil baterai

7. Menempa besi dalam keadaan panas memperlihatkan bahwa gaya sanggup ....
a. mempermudah pekerjaan
b. mengubah bentuk benda
c. memperkecil gaya yang digunakan
d. mengubah arah gerakan benda

8. Budi melaksanakan percobaan dengan menggosokkan penggaris plastik ke rambutnya. Kemudian penggaris tersebut didekatkan pada potongan kertas kecil-kecil akibatnya, potongan kertas tersebut melekat pada penggaris. Hal ini menandakan perihal ....
a. gaya magnet
b. gaya gravitasi
c. tanda-tanda kelistrikan
d. gaya tarik-menarik

9. Magnet yang berputar pada dinamo sanggup menimbulkan ....
a. arus listrik
b. panas
c. bunyi
d. cahaya

10. Perhatikan gambar berikut !


Alat pada gambar merupakan serpihan dari pembangkit listrik. Sumber tenaga yang dipakai untuk pembangkit listrik ialah ....
a. air
b. angin
c. hujan
d. sinar matahari

11. Pada dikala penyetruman aki terjadi perubahan energi ....
a. listrik menjadi gerak
b. listrik menjadi panas
c. listrik menjadi kimia
d. kimia menjadi listrik

12. Rangkaian listrik yang arus listriknya mengalir melalui dua cabang atau lebih disebut rangkaian ....
a. seri
b. ganda
c. paralel
d. campuran

13. Sebuah dinamo yang digerakkan oleh roda sepeda akan menimbulkan terjadinya perubahan energi ....
a. gerak-listrik-kimia
b. kimia-listrik-gerak
c. kimia-gerak- listrik
d. gerak-kimia-listrik

14. Listrik menjadi energi yang banyak dipakai manusia, terutama untuk penerangan dan kegiatan
produksi. Gejala energi listrik awalnya diketahui oleh Ilmuwan yang berjulukan Thales. Proses
penemuannya tersebut berawal dari kegiatan, yaitu ....
a. menggosok batuan gamping dengan kerikil jenis lain yang kemudian salah satu kerikil sanggup menarik benda-benda ringan
b. menggosok kerikil amber dengan kain wol, kemudian kerikil tersebut sanggup menarik benda-benda ringan
c. menggosokkan kedua telapak tangan, kemudian tubuh berasa hangat
d. menggosokkan kayu dengan batu

15. Sepeda banyak dilengkapi dengan lampu depan. Sumber energi yang sanggup menyalakan lampu sepeda ialah ....
a. dinamo
b. kerikil jam
c. generator
d. petromak

16. Kegiatan berikut yang tidak sanggup menimbulkan tanda-tanda kelistrikan ialah ....
a. penggaris digosok-gosok pada rambut
b. kertas koran digunting kecil-kecil
c. benang nilon digesek dengan plastik
d. menyisir rambut dengan sisir plastik

17. Pada waktu penyetruman aki, terjadi perubahan energi ...
a. listrik menjadi gerak
b. listrik menjadi panas
c. listrik menjadi kimia
d. kimia menjadi listrik

18. Berikut laba memakai materi bakar gas pada kendaraan ialah ....
a. panas yang dihasilkan besar
b. polusi yang dihasilkan kecil
c. tidak berasap
d. lebih praktis

19. Berikut ini cara yang sempurna dalam menghemat energi listrik ialah ....
a. mematikan TV sehabis tamat ditonton
b. tidur dengan larnpu yang terang
c. nonton TV hingga larut malam
d. menghidupkan lampu pada siang hari

20. Pada rangkaian paralel, sumber energi listriknya disusun secara ....
a. berurutan
b. sejajar
c. tegak lurus
d. berdekatan

21. Energi yang terdapat pada baterai dan aki ialah energi ....
a. kimia
b. nuklir
c. cahaya
d. magnet

22. Gaya yang mengakibatkan anak panah terlempar dari busurnya merupakan gaya ....
a. elastis
b. otot
c. lentur
d. pegas

24. Penghantar listrik yang terbaik terbuat dari ....
a. ebonit
b. baja
c. aluminium
d. tembaga

25. Sakelar dalam bel listrik berfungsi untuk ....
a. mengalirkan energi arus listrik
b. mencegah korsleting
c. menghasilkan energi bunyi
d. memutus arus listrik

26. Penggunaan peralatan listrik harus hati-hati. Penggunaan kabel yang sudah mengelupas dan sakelar yang telah rusak sanggup mengakibatkan ....
a. korsleting listrik
b. naiknya tarıf listrik
c. turunnya daya listrik
d. rusaknya alat elektronik

27. Pada radio terjadi perubahan energi listrik menjadi energi ....
a. bunyi
b. kalor
c cahaya
d. panas

28. Benda :
(1) tembaga, (3) kaca, dan
(2) kuningan, (4) karet
Benda yang bersifat isolator listrik ialah nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (1) dan (3)
d. (3) dan (4)

29. Penggunaan pendingin ruangan pada dikala siang hari termasuk salah satu sikap boros listrik. Untuk mengganti penggunaan pendingin ruangan tersebut, sanggup dilakukan dengan cara ....
a. membuka jendela rumah biar angin sanggup masuk ruangan
b. mengganti dengan kipas angin yang berukuran besar
c. menutup jendela dan pintu rumah
d. duduk di bawah pohon rindang

30. Bahan bakar yang dipakai kompor sumbu ialah ....
a. minyak tanah
b. gas
c. bensin
d. solar

31. Jenis materi bakar yang keberadaannya mulai berkurang dan dihemat penggunaannya ialah minyak bumi. Berikut cara yang sanggup dilakukan untuk menghemat minyak bumi ialah ....
a. bepergian mengutamakan naik angkutan umum daripada motor atau kendaraan beroda empat pribadi
b. memakai plastik
c. tidak membuang air bersih
d. tidak pergi ke mana-mana semaunya

32. Mobil listrik mulai dibuat beberapa negara. Mobil ini berbahan bakar listrik. Bahan bakar tersebut bisa diperoleh dari energi sinar matahari yang diubah menjadi energi listrik memakai alat, yaitu ....
a, aki
b. adaptor
c. sel surya
d. kerikil baterai

33. Manfaat yang kita peroleh dengan menghemat energi ialah ....
a. banyaknya gas yang terbuang
b. mengurangi polusi udara
c. mempercepat habisnya sumber energi
d. mengurangi tenaga yang dikeluarkan

34. Baterai sebagai sumber energi mempunyai dua kutub yang berlawanan yaitu kutub nyata dan negatif Berikut serpihan baterai yang menjadi kutub negatif ialah ....
a. bungkus seng
b. lapisan tembaga
c. batangan karbon
d. adonan sebuk karbon dan mangan

35. Sumber energi listrik yang menghasilkan listrik dengan cara induksi elektromagnetik ialah ....
a. kerikil baterai
b. aki
c. dinamo sepeda
d. generator

36. Aki sering dipakai pada sepeda motor dan kendaraan beroda empat untuk lampu dan menghidupkan mesin. Keadaan aki jikalau sudah usang akan mengalami penurunan kemampuan, sehingga melemah. Hal yang kita lakukan jikalau aki melemah ialah ....
a. melepas dari motor
b. ditaruh di daerah kering
c. dijemur di bawah terik matahari
d. melaksanakan penyetruman aki biar kembali normal

37. Apabila sakelar di rumah dan salah satu lampu mati maka lampu yang lain ....
a. menyala lebih terang
b menyala redup
c. semua ikut mati
d. terputus

38. Kita sering memakai baterai untuk menggerakkan jam atau motor mainan. Pada kerikil baterai tertulis 1,5 V 1A. Artinya ialah ....
a. kerikil baterai mempunyai tegangan 1,5 volt dan arus listrik 1 ampere
b. kerikil baterai mempunyai tegangan 1 volt dan arus listrik 1,5 ampere
c. kerikil baterai mempunyai tegangan kurang 1,5 volt dan arus listrik1 ampere
d. kerikil baterai mempunyai tegangan lebih dari 1,5 volt dan arus listrik 1 ampere

39. Perubahan energi yang terjadi pada dikala kendaraan beroda empat berjalan ialah energi ....
a. gerak menjadi magnet
b. magnet menjadi gerak
c. gerak menjadi kimia
d. kimia menjadi gerak

40. Aki mempunyai dua kutub, yaitu nyata dan negatif. Kutub nyata aki berupa ....
a. timbel peroksida
b. logam timbel
c. larutan asam
d. asam sulfat

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Apa yang memengaruhi besar kecilnya gaya pada suatu benda ?
Jawab : .................................................................................................................................................
...............................................................

2. Bagaimana hubungan antara besarnya gaya dengan dengan gaya dan gerak!
Jawab : .................................................................................................................................................
...............................................................

3. Bagaimana caranya biar aki yang sudah habis energinya sanggup dipakai lagi?
Jawab : .................................................................................................................................................
...............................................................

4. Bagaimana cara kerja dinamo dalam menghasilkan listrik?
Jawab : .................................................................................................................................................
...............................................................

5. Sebutkan tiga pola peralatan dapur yang memanfaatkan energi listrik!
Jawab : .................................................................................................................................................
...............................................................

6. Apa laba yang diperoleh dari penggunaan rangkaian seri?
Jawab : .................................................................................................................................................
...............................................................

7. Sebutkan alat-alat yang bekerjasama dengan gaya dan gerak !
Jawab : .................................................................................................................................................
...............................................................

8. Bagaimana sifat-sifat gaya?
Jawab : .................................................................................................................................................
...............................................................

9. Sebutkan tiga cara menghemat energi listrik !
Jawab : .................................................................................................................................................
...............................................................

10. Tuliskan pola acara yang berkaitan dengan gaya sanggup mengakibatkan benda membisu
menjadi bergerak!
Jawab : .................................................................................................................................................
...............................................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

Kunci Jawaban Room I

1. b. bola yang menggelinding ditendang ke arah samping
2. a. panas dinginnya suatu daerah yang dilintasi benda
3. a. gaya dorongan pada pedal dikala dikayuh mengakibatkan roda berputar ke arah depan sehingga sepeda bergerak
4. d. gravitasi
5. c. materi kimia
6. a. aki
7. b. mengubah bentuk benda
8. c. tanda-tanda kelistrikan
9. a. arus listrik
10. b. angin
11. c. listrik menjadi kimia
12. c. paralel
13. c. kimia-gerak- listrik
14. b. menggosok kerikil amber dengan kain wol, kemudian kerikil tersebut sanggup menarik benda-benda
15. a. dinamo
16. b. kertas koran digunting kecil-kecil
17. c. listrik menjadi kimia
18. d. lebih praktis
19. a. mematikan TV sehabis tamat ditonton
20. b. sejajar
21. a. kimia
22. d. pegas
24. b baja
25. a. mengalirkan energi arus listrik
26. a. korsleting listrik
27. a. bunyi
28. d. (3) dan (4)
29. a. membuka jendela rumah biar angin sanggup masuk ruangan
30. a. minyak tanah
31. a. bepergian mengutamakan naik angkutan umum daripada motor atau kendaraan beroda empat pribadi
32. c. sel surya
33. d. mengurangi tenaga yang dikeluarkan
34. a. bungkus seng
35. c. dinamo sepeda
36. d. melaksanakan penyetruman aki biar kembali normal
37. a. menyala lebih terang
38. a. kerikil baterai mempunyai tegangan 1,5 volt dan arus listrik 1 ampere
39. d. kimia menjadi gerak
40. a. timbel peroksida

Kunci Jawaban Room II

1. kekuatan gaya
2. besarnya gaya menghipnotis gerak benda
3. dengan melaksanakan penyetruman
4. ketika dinamo berputar, kumparan ikut berputar. Perputaran kumparan di medan magnet menghasilkan energi listrik
5. magic com, rice cooker, kulkas
6. rangkaiannya sederhana
7. ketapel, panah, jungkat-jungkit, sepeda, mesin jahit, timba air, alat pengerek bendera
8. gaya mengakibatkan perubahan bentuk benda, gaya mengakibatkan benda bergerak menjadi diam, gaya mengakibatkan benda membisu menjadi bergerak, gaya mengubah arah benda
9. mematikan lampu di siang hari, tidak memakai mesin basuh jikalau cuciannya hanya sedikit, menyetrika pakaian dalam jumlah banyak sekaligus
10. mendorong kendaraan beroda empat yang mogok

Note : Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih

Itulah Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun Aaran 2018/2019 yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Minggu, 08 November 2020

Soal Uts Ips Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun 2018/2019

Berikut ini yaitu pola latihan Soal UTS IPS Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019. Soal UTS IPS ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS IPS ini sanggup membantu adik-adik kelas 6 untuk persiapan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) 2

Soal UTS IPS Kelas 6 Semester 2 Terbaru


Berikut ini yaitu pola latihan Soal UTS IPS Kelas  Soal UTS IPS Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun 2018/2019

I. Berilah tanda silang (X) pada karakter a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Pernyataan berikut ini yang mengakibatkan wilayah Indonesia sering terjadi gempa yaitu ....
a. Kepulauan Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama dunia.
b. Kondisi hutan Indonesia yang makin berkurang akhir penebangan liar
c. Indonesia mempunyai gunung berapi aktif yang ada di tiga provinsi
d. Banyaknya lahan hijau yang dipakai untuk pemukiman

2. Wilayah Indonesia barat, terutama Aceh pernah diterjang tragedi tsunami mahir yang menghancurkan banyak sekali bangunan. Tsunami tersebut disebabkan oleh ....
a. tanah longsor
b. pasang air laut
c. gempa bawah laut
d. letusan gunung laut

3. Perhatikan tanda-tanda kejadian di bawah ini !
(1) Sering terasa gempa bumi atau getaran bumi
(2) Sering terdengar bunyi gemuruh
(3) Sumber-sumber air banyak yang kering
Ketiga tanda tersebut mengatakan akan terjadinya kejadian ....
a. gunung meletus
b. tanah longsor
c. gempa bumi
d. tsunami

4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini !
(1) Menyelamatkan warga yang ditimpa musibah
(2) Menghindari pemukiman di bantaran sungai
(3) Melakukan perencanaan dan penyelamatan
(4) Berkoordinasi dengan BMKG
Upaya untuk mengantisipasi terjadinya tanah longsor ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

5. Pergeseran kerak bumi sanggup mengakibatkan terjadi nya gempa gempa yang dimaksud adalah
gempa ....
a. tsunami
b. tektonik
c. vulkanik
d. tanah runtuh

6. Penanaman modal abnormal di Indonesia telah dilakukan semenjak ....
a. masa pendudukan Jepang
b. masa demokrasi terpimpin
c. masa Orde Baru
d. Hindia Belanda

7. Keuntungan penanaman modal abnormal di bidang teknologi yaitu ....
a. mengurangi pengangguran
b. mempercepat alih teknologi
c. mengubah struktur kota
d. peningkatan nilai uang

8. Salah satu penanam modal abnormal di bidang otomotif yaitu ....
a. Malaysia
b. Jepang
c. Singapura
d. Belgia

9. Perusahaan telekomunikasi asal Finlandia yaitu ....
a. Motorola
b. Samsung Mobile
c. BenQ Siemens
d. Nokia

10. Salah satu pengontrol dampak negatif globalisasi yaitu ....
a. agama
b. teknologi
c. pola kerja
d. gaya hidup

11. Perusahaan abnormal yang memproduksi kendaraan beroda empat Hyundai berasal dari ....
a. Tiongkok
b. Korea Selatan
c. Jepang
d. India

12. Usaha waralaba fast food dari Jepang yang berkembang di Indonesia yaitu ....
a. Hokka Hokka Bento
b. Paparon Pizza
c. McDonald
d. KFC

13. Eksplorasi sumber daya alam harus disertai dengan ....
a. kecepatan pengerjaan
b. maksimalisasi hasil
c. perjuangan pelestarian
d. cara tercepat dengan hasil terbesar

14. Caltex merupakan pola penanaman modal abnormal dari ....
a. Belanda
b. Amerika Serikat
c. Inggris
d. Jerman

15. Faktor penarik investor yang sekaligus menjadi faktor produksi orisinil Indonesia yaitu ....
a. modal
b. pengusaha
c. tenaga kerja
d. fasilitas izin usaha

16. Wedhus gembel merupakan sebutan untuk ....
a. lahar panas
b. awan panas
c. material gunung
d. magma

17. Puncak tertinggi di Thailand yaitu ....
a. Annam
b. Doi Inthanon
c. Pagon
d. Hill

18. Teluk Tonkin berbatasan dengan ....
a. Samudra Hindia
b. Samudra Pasifik
c. Laut Tiongkok Selatan
d. Semenanjung Thailand

19. Curah hujan Vietnam rata-rata di atas ....
a. 2.500 mm per tahun
b. 1.500 mm per tahun
c. 1.000 mm per tahun
d. 800 mm per tahun

20. Musim hujan di Kamboja berlangsung antara bulan ....
a. Mei sampai Oktober
b. Maret sampai Desember
c. Februari sampai Agustus
d. Januari sampai Mei

21. Hutan kayu mawar terdapat di Myanmar kepingan ....
a. utara
b. selatan
c. timur
d. barat

22. Pabrik pupuk urea ASEAN terdapat di ....
a. NAD
b. Sumatra Utara
c. Jawa Barat
d. Kalimantan Timur

23. Pendukung utama meluasnya globalisasi yaitu bidang ....
a. politik dan ekonomi
b. sosial budaya
c. komunikasi dan transportasi
d. pertahanan dan keamanan

24. Biil Gates yaitu inovator di bidang ....
a. otomotif
b. militer
c. komunikasi
d. transportasi

25. Sifat konsumerisme berkaitan dengan imbas globalísasi dalam hal ....
a. pola hidup
b. selera
c. mode
d. acara sosial

26. Kemudahan penanganan tindak terorisme di daerah Asia Tenggara sanggup diwujudkan dengan kolaborasi antarnegara dalam satu kawasan. Pernyataan tersebut mengatakan adanya dampak positif dari globalisasi di bidang ....
a. politik dan keamanan
b. pariwisata dan ekonomi
c. ekonomi dan keamanan
d. pariwisata dan transportasi

27. Jenis makanan yang berasal dari Amerika Serikat, yaitu ....
a. spaghetti
b. sukiyaki
c. donut
d. ayam tepung

28. KFC merupakan perusahaan waralaba dari ....
a. Rusia
b. Belanda
c. Swiss
d. Amerika Serikat

29. Kemudahan dan kecepatan jalan masuk informasi yang diharapkan berkaitan dengan bidang ....
a. telekomunikasi
b. migrasi
c. komunikasi
d. transportasi

30. Penemu bola lampu yaitu ....
a. Thomas Alva Edison
b. Galileo Galile
c. Alexander Graham Bell
d. J. L. Baird

31. Salah satu keuntungan penanaman modal abnormal yaitu ....
a. perubahan pola hidup
b. migrasi tenaga kerja ke perusahaan asing
c. pesatnya laju urbanisasi
d. kecenderungan meningkatnya pendapatan masyarakat

32. Pencipta radio yaitu ....
a. James Watt
b. Marconi
c. David Ricardo
d. Socrates

33. Produk Samsung berasal dari Negara ....
a. Korea Selatan
b. Norwegia
c. Amerika Serikat
d. Irlandia

34. Daerah di Thailand yang mempunyai curah hujan terbanyak yaitu ....
a. di antara Laut Andaman dan Teluk Siam
b. sepanjang Sungai Chao Phraya
c. sekitar Tanah Genting Kra
d. Semenanjung Thailand

35. Negara Vietnam kepingan utara beriklim ....
a. tropis
b. mediterania
c. gurun
d. subtropis

36. Daerah tengah di Negara Karnboja berupa ....
a. pegunungan
b. dataran rendah
c. perbukitan berawa
d. basin

37. Negara Laos mengalami dua musim, yatu ....
a. penghujan dan semi
b. gugur dan kemarau
c. semi dan gugur
d. penghujan dan kemarau

38. Brunei Darussalam beriklim ....
a. subtropis
b. ekuatorial
c. muson
d. tropis

39. Malaysia mempunyai iklim tropis dengan suhu ....
a. panas
b. dingin
c. lembap
d. hangat

40. Angin isu terkini di Filipina yang sanggup mengakibatkan kekeringan yaitu ....
a. jacob
b. el nino
c. willy
d. la nina

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Jelaskan letak Indonesia secara geografis !
Jawab : ....................................................................................................................................................
...................................................

2. Sebutkan beberapa upaya untuk menghadapi kejadian alam !
Jawab : ....................................................................................................................................................
...................................................

3. Berikan 2 pola dampak negatif dan positif globalisasi !
Jawab : ....................................................................................................................................................
...................................................

4. Sebutkan 5 komoditas abnormal di Indonesia !
Jawab : ....................................................................................................................................................
...................................................

5. Sebutkan keuntungan globalisasi di bidang pendidikan !
Jawab : ....................................................................................................................................................
...................................................

6. Apa tugas Indonesia di masa globalisasi dalam bidang ekonomi?
Jawab : ....................................................................................................................................................
...................................................

7. Sebutkan 4 perusahaan abnormal di Indonesia!
Jawab : ....................................................................................................................................................
...................................................

8. Sebutkan 3 tanda-tanda alam di Asia Tenggara !
Jawab : ....................................................................................................................................................
...................................................

9. Apa yang dimaksud dengan penanaman modal asing?
Jawab : ....................................................................................................................................................
...................................................

10. Apa tujuan penanaman modal abnormal di Indonesia ?
Jawab : ....................................................................................................................................................
...................................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS IPS Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

Kunci Jawaban Room I

1. a. Kepulauan Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama dunia.
2. c. gempa bawah laut
3. d. tsunami
4. (2) Menghindari pemukiman di bantaran sungai
5. b. tektonik
6. a. masa pendudukan Jepang
7. b. mempercepat alih teknologi
8. b. Jepang
9. d. Nokia
10. a. agama
11. b. Korea Selatan
12. a. Hokka Hokka Bento
13. c. perjuangan pelestarian
14. a. Belanda
15. d. fasilitas izin usaha
16. b. awan panas
17. b. Doi Inthanon
18. c. Laut Tiongkok Selatan
19. b. 1.500 mm per tahun
20. a. Mei sampai Oktober
21. c. timur
22. a. NAD
23. c. komunikasi dan transportasi
24. c. komunikasi
25. a. pola hidup
26. a. politik dan keamanan
27. c. donut
28. d. Amerika Serikat
29. a. telekomunikasi
30. a. Thomas Alva Edison
31. d. kecenderungan meningkatnya pendapatan masyarakat
32. b. Marconi
33. a. Korea Selatan
34. d. Semenanjung Thailand
35. d. subtropis
36. b. dataran rendah
37. d. penghujan dan kemarau
38. a. subtropis
39. d. hangat
40. b. el nino

Kunci Jawaban Room II

1. Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia
2. dengan cara mitigasi dan evakuasi
3. Dampak negatif : lunturnya nilai-nilai kesopanan, tergerusnya budaya lokal, munculnya perilaku individualismu
Dampak positif : perkembangan iptek, tersedianya sarana komunikasi dan transportasi, kebutuhan terpenuhi
4. Kendaraan menyerupai kendaraan beroda empat dan motor, smartphone, laptop/komputer, mainan anak, dan buah buahan.
5. meningkatnya kualitas pendidikan, adanya pertkaran pelajar
6. 1.Kerjasama antarnegara ASEAN, ikut dalam organisasi MEE atau EEC, berperan dalam Colombo Plan (Rencana Colombo), ikut dalam organisasi APEC, bergabung dalam organisasi AFTA
7. Samsung dari dari Korea Selatan
PT Freeport dari Amerika Serikat
Coca Cola dari Amerika Serikat
Mitsubishi dari Jepang
8. gempa bumi, gunung meletus, banjir
9. kegiatan menanam modal untuk melaksanakan perjuangan di Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing
10. untuk membuat keuntungan bersama bagi pihak-pihak yang bersangkutan

Note : Soal UTS IPS Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 yaitu konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih

Itulah Soal UTS IPS Kelas 6 Semester 2 Terbaru Tahun Aaran 2018/2019 yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Sabtu, 07 November 2020

Cara Mengajari Anak Bebal Yang Sulit Menangkap Pelajaran

Cara mengajari anak bebal yang sulit menangkap pelajaran haruslah diketahui oleh guru ataupun orang renta alasannya ialah tidak semua anak bisa menangkap ilmu yang telah diberikan. Mungkin, kita harus menjelaskan berulang kali hingga mereka memahaminya. Hal ini dikarenakan setiap anak mempunyai daya serap dan kemampuan yang berbeda-beda. Itulah mengapa pentingnya pembelajaran yang berbasis individual differences dimana tidak ada orang yang sama, termasuk anak-anak.

Temukan Teknik Belajar yang Sesuai

Seperti yang telah dikatakan, kita tidak bisa menyamakan antara anak yang satu dengan anak yang lainnya, baik itu dalam daya serap ataupun dalam cara mencar ilmu yang tepat. Sebagian besar pembelajaran yang diberikan di sekolah ialah audio dimana mereka akan mendengarkan klarifikasi dari para gurunya. Namun, tidak semua anak bisa memahami bahan melalui teknik audio.

Cara mengajari anak bebal yang sulit menangkap pelajaran haruslah diketahui oleh guru atau Cara Mengajari Anak Bebal yang Sulit Menangkap Pelajaran

Bisa jadi, mereka lebih bisa menyerap bahan dengan pembelajaran visual ataupun kinetik. Hal ini harus ditelusuri terlebih dahulu. Salah satu cara untuk bisa menemukan teknik mencar ilmu yang sesuai ialah mencoba semua teknik pembelajaran, mulai dari audio, visual hingga kinetik. Kemudian lihatlah, teknik mana yang bisa menciptakan kita lebih paham, ingat lebih usang dan bisa menghafalnya. Gunakan ini sebagai cara mengajari anak bebal yang sulit menangkap pelajaran.

Optimalkan Pembelajaran melalui Cara yang Tepat

Anak bebal sering dikatakan sebagai kata yang mendeskripsikan seorang anak yang sulit memahami perintah atau perkataan. Mereka sulit mendapatkan atau mengerti apa yang kita sampaikan. Hal ini seringkali menjadi hambatan bagi para guru dan orang renta dalam menawarkan ilmu. Namun, bila Anda sudah menemukan teknik pembelajaran yang tepat, maka gampang bagi kita untuk menciptakan mereka paham lebih cepat mengenai suatu hal.

Misalnya saja, teknik mencar ilmu yang cocok untuk seorang anak ialah visual, maka Anda bisa menjelaskan bahan melalui gambar, video atau warna-warna yang menarik bagi mereka. Dengan demikian, mereka bisa memahami pembelajaran dengan lebih mudah. Berbeda lagi bila anak mempunyai teknik mencar ilmu berupa audio. Mereka akan lebih cepat memahami dengan arahan atau pertanyaan secara langsung. Hal ini harus diubahsuaikan dengan teknik mencar ilmu yang tepat.

Cara paling gampang untuk menciptakan anak memahami apa yang kita jelaskan ialah menciptakan anak mempunyai pengalaman yang berkaitan, menjelaskan dengan bahasa anak dan mengumpamakan dengan hal-hal yang dekat dengan diri mereka. Mungkin mereka membutuhkan pembiasaan juga untuk memahami pelajaran yang diberkan. Kuncinya ialah kita harus dekat dan tidak bisa menyamakan antara satu anak dengan anak lainnya alasannya ialah intinya setiap anak mempunyai teknik pembelajaran masing-masing.

Demikian cara mengajari anak bebal yang sulit menangkap pelajaran ini penting untuk dipelajari oleh orang renta dan guru untuk bahu-membahu membantu anak semoga lebih gampang memahaminya.

Jumat, 06 November 2020

Tips Mengajar Matematika Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Tips mengajar matematika untuk anak berkebutuhan khusus sangatlah penting untuk dipelajari, khususnya bagi para pendidik. Anak berkebutuhan khusus mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, menyerupai delay spech, deliquent, ADHD, dan lain sebagainya. Kondisi mereka ini sanggup menghambat pembelajaran kalau seorang pendidik tidak mengetahui cara yang sempurna dalam menjelaskan pelajaran. Apalagi untuk pelajaran matematika yang notabene mengalami tingkat kesulitan cukup tinggi dibandingkan pelajaran lainnya.

Tips mengajar matematika untuk anak berkebutuhan khusus sangatlah penting untuk dipelajari Tips Mengajar Matematika untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Menggunakan Alat Bantu Peraga ketika Menjelaskan

Pada umumnya, Anak Berkebutuhan Khusus atau ABK mempunyai kesulitan dalam belajar, baik itu alasannya ialah konsentrasi yang tidak baik, daya ingat yang kurang ataupun hal lainnya. Dengan demikian, seorang pendidik ABK harus lebih sabar dan memahami bagaimana tips mengajar matematika untuk anak berkebutuhan khusus semoga mereka tidak ketinggalan pelajaran.

Anda sanggup memakai alat bantu peraga ketika menjelaskan konsep hitung pada ABK. Banyak alat yang sanggup kita gunakan dan biasanya sekolah untuk ABK sudah menyediakannya dengan banyak sekali macam varian. Misalnya saja untuk mengenal angka, Anda sanggup memakai bola kecil-kecil, balok atau alat lainnya. Konsep penambahan dan pengurangan juga sanggup memakai alat semoga mereka lebih paham.

Pilihlah alat bantu yang menarik perhatian mereka tapi bukan kesukaan mereka. Misalnya menentukan balok berwarna merah, biru, hijau atau warna lain yang mencolok. Lantas, mengapa harus menghindari alat peraga yang disukai? Apabila anak bertemu dengan barang yang disukainya, ia justru akan lupa dengan pelajaran dan lebih menentukan bermain dengan barang tersebut.

Gunakan Berbagai Macam Metode dan Ulangi Materi

Untuk mengajarkan konsep matematika pada ABK butuh kesabaran ekstra. Kita harus mengulangi materi yang sama hingga beberapa kali alasannya ialah memang daya tangkap dan daya ingat mereka berbeda. Oleh alasannya ialah itu, jangan berpindah ke materi lain kalau mereka belum mengerti konsep matematika secara benar.

Selain itu, penggunaan metode mencar ilmu sangat penting untuk diperhatikan kalau kita mengajar ABK. Pada dasarnya, ABK ialah anak yang gampang bosan sehingga kita sanggup mengkreasikan banyak sekali macam metode pembelajaran semoga mereka merasa bahagia dan tidak bosan. Namun, jangan berganti-ganti metode di awal pembelajaran.

Pada awal pertolongan materi, mungkin Anda harus memperlihatkan metode yang sama hingga tiga kali, paling tidak hingga mereka mengerti apa yang kita jelaskan. Kemudian untuk menciptakan mereka lebih memahami materinya, kita sanggup mengganti metode atau alat peraga.

Selain untuk menghindari rasa bosan pada anak, cara ini juga dirasa lebih efektif semoga anak tidak galau terlebih dulu ketika mereka mendapati metode mencar ilmu yang berbeda ketika mereka belum mengerti konsepnya.

Demikianlah tips mengajar matematika untuk anak berkebutuhan khusus yang sanggup membantu para pendidik dalam mengajarkan materi matematika dengan baik. Semoga bermanfaat.

Kamis, 05 November 2020

Manfaat Mengerjakan Pr Bagi Anak

Manfaat mengerjakan PR bagi anak akan didapatkan jikalau disertai dengan bimbingan orang bau tanah yang tepat. PR atau Pekerjaan Rumah merupakan kiprah yang diberikan guru pada murid-muridnya untuk dikerjakan di rumah dengan waktu yang telah ditetapkan. Seringkali anak mengeluh akan PR yang terlalu banyak yang diberikan oleh guru mereka. Mereka tidak sadar mengenai manfaat yang akan mereka dapatkan dari mengerjakan PR. Padahal, ini penting untuk memperlihatkan motivasi bagi mereka.

Manfaat mengerjakan PR bagi anak akan didapatkan jikalau disertai dengan bimbingan orang bau tanah  Manfaat Mengerjakan PR bagi Anak

Ini Dia Manfaat Mengerjakan PR bagi Anak

Sebagian besar anak akan mengeluh ketika mereka diberikan PR oleh bapak atau ibu guru. Padahal, pinjaman PR ini mempunyai manfaat yang tidak disadari oleh anak-anak. Hal ini dikarenakan manfaat tersebut tidak sanggup mereka rasakan ketika itu juga. Mereka akan mencicipi manfaat ini ketika sudah dewasa.

1. Mengajarkan tanggung jawab

PR merupakan tanggung jawab para pelajar yang harus dikerjakan. Apabila guru memperlihatkan PR, berarti guru telah memperlihatkan tanggung jawab pada para pelajar untuk mengerjakan PR sesuai aba-aba yang diberikan. Dari sini, kita akan mencar ilmu bagaimana cara mengemban tanggung jawab yang dimiliki sesuai dengan status kita ketika ini.

2. Mengajarkan cara mengatur waktu

Pekerjaan Rumah ini merupakan kiprah rumah yang harus dikumpulkan dalam waktu tertentu. Beberapa PR mungkin harus dikumpulkan keesokan harinya atau satu ahad kedepan. Dengan demikian, anak harus sanggup mengatur waktu dengan baik semoga kiprah mereka dari guru dan pekerjaan di rumah sanggup terealisasi semuanya. Oleh alasannya yakni itu, ketika mereka dewasa, mereka akan lebih disiplin dalam mengatur waktu.

3. Memperdalam ilmu pada anak

PR yang diberikan niscaya berkaitan dengan ilmu yang gres saja diajarkan di rumah. Jadi, PR ini mempunyai kegunaan untuk memperdalam bahan yang telah diterima oleh anak. Melalui pertanyaan-pertanyaan tersebut, anak akan kembali mencar ilmu atau mengulang bahan sebelumnya sehingga ingatan mereka akan bahan menjadi lebih kuat.

Peran Orang Tua ketika Anak Mengerjakan PR

PR yang diberikan oleh guru niscaya memperlihatkan manfaat bagi anak. Namun, maksud baik dari guru mungkin kurang sanggup diterima baik oleh anak. Banyak di antara mereka yang menganggap PR sebagai beban sehingga kurang bersemangat dalam mengerjakannya. Belum lagi jikalau materinya cukup sulit bagi mereka. Oleh alasannya yakni itu, orang bau tanah harus berperan aktif dalam hal ini.

Sebagai orang tua, Anda harus mendampingi anak ketika mereka mengerjakan PR. Mendampingi tdiak selalu harus duduk di sampingnya alasannya yakni sanggup jadi anak justru merasa terganggu. Anda cukup memperlihatkan bahwa, Anda masih terbangun untuk menemani mereka mengerjakan PR. Jika perlu, Anda sanggup mengajari anak ketika mereka kesulitan dalam mengerjakan PR.

Demikianlah manfaat mengerjakan PR bagi anak yang belum disadari oleh kebanyakan orang.

Rabu, 04 November 2020

Pentingnya Pendidikan Huruf Bagi Generasi Anak Bangsa

Pentingnya pendidikan huruf bagi generasi anak bangsa harus dipahami oleh setiap orang. Sudah semenjak lama, kuantitas lebih menguasai dunia pendidikan dibandingkan kualitas dari pelajar. Kuantitas artinya skor nilai dan kualitas artinya huruf yang dimiliki pelajar. Sudah saatnya kita lebih memperhatikan bagaimana kualitas para pelajar yang ditentukan dari huruf mereka. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencetak generasi bangsa yang membanggakan dan bisa bersaing di dunia internasional.

Perbedaan Zaman yang Makin Mengkhawatirkan

Perubahan zaman terjadi dengan begitu cepatnya. Banyak hal yang berubah, terlebih dalam karakteristik generasi muda kini ini. Teknologi canggih ternyata tidak hanya menawarkan dampak positif bagi kehidupan, tapi juga menawarkan dampak negatif atas penggunaan yang tidak bijak. Banyak generasi muda yang menjadi lebih malas bergerak, tidak produktif, lebih suka hal-hal yang instan dan lain sebagainya.

Pentingnya pendidikan huruf bagi generasi anak bangsa harus dipahami oleh setiap orang Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Generasi Anak Bangsa

Pendidikan huruf sangat penting diberikan untuk menciptakan generasi muda menyadari bahwa, waktu gampang ialah waktu yang sangat penting yang bisa menciptakan mereka sukses ataupun menjadi orang yang gagal. Seperti yang kita lihat bahwa, banyak anak muda yang dengan mudahnya melaksanakan bullying kepada sesama atau pada orang yang tidak mereka kenal. Hal ini bisa menjadi gagalnya pendidikan huruf yang diberikan selama ini.

Persaingan Global yang Harus Dihadapi

Di zaman kini ini, persaingan ketat tidak hanya terjadi dengan sesama generasi bangsa, tapi juga antar bangsa. Jika kita ingin sukses, maka kita harus bisa menaklukkan persaingan global tersebut. Namun, tidak gampang untuk bisa menembusnya, mengingat banyaknya tentangan dari luar negeri yang berkarakter. Untuk itulah, penting bagi generasi muda kita biar bisa dididik karakternya sehingga bisa memenangkan persaingan global.

Melalui pendidikan huruf yang diberikan, diharapkan cowok kita menjadi lebih kreatif, kritis, dan mempunyai aneka macam huruf yang dibutuhkan oleh seorang cowok yang berprestasi. Sudah banyak cowok sukses yang bisa kita jadikan teladan alasannya ialah huruf mereka yang begitu berpengaruh untuk menjadi orang yang sukses melalui bidangnya masing-masing.

Pentingnya pendidikan huruf bagi generasi anak bangsa harus dipahami dengan baik oleh para pendidik. Guru dan orang renta menjadi biro penting dalam menanamkan huruf atau nilai-nilai sebagai prinsip hidup mereka. Kolaborasi antara keduanya juga diharapkan biar pembelajaran yang diberikan bisa menawarkan manfaat dengan sempurna.

Sudah saatnya, kita lebih mengutamakan kualitas dari anak bangsa. Setiap anak mempunyai minat dan talenta yang berbeda-beda. Orang sukses tidak selalu cerdik dan orang cerdik tidak selalu tepat dalam akademik. Kita harus selalu mendukung apa saja passion yang dimiliki dan dipilih oleh anak biar mereka bisa menjadi generasi bangsa yang membanggakan.

Demikian pentingnya pendidikan huruf bagi generasi anak bangsa yang harus diperhatikan oleh setiap pendidik, baik orang renta maupun guru.

Cara Bijak Menghadapi Fenomena Kids Zaman Now

Cara bijak menghadapi fenomena Kidz Zaman Now harus diketahui dan dipahami dengan baik oleh guru maupun orang bau tanah sebagai pendidik. Istilah Kids Zaman Now makin terkenal dengan adanya bermacam-macam tingkah contoh belum dewasa yang mirip orang dewasa. Keadaan memprihatinkan ini harus sanggup diatasi dengan segera biar tidak merusak kualitas anak bangsa. Oleh sebab itu, dibutuhkan penanganan dengan bijak biar sanggup mendidik anak zaman sekarang.

Mengikuti Perkembangan Teknologi 

Semakin hari, teknologi berkembang semakin canggih. Banyak perangkat dan aplikasi canggih yang makin memudahkan acara kita. Sebagian besar pengguna perangkat dan aplikasi tersebut yakni anak muda. Hampir semua anak muda niscaya mempunyai akun beberapa media sosial, aktif memposting foto, menciptakan status dan acara online lainnya. Sedangkan, orang bau tanah dan guru lebih pasif dalam penggunaan media umum sebab memang aplikasi ini cukup rumit di usia mereka.

Cara bijak menghadapi fenomena Kidz Zaman Now harus diketahui dan dipahami dengan baik ole Cara Bijak Menghadapi Fenomena Kids Zaman Now

Padahal, banyak sekali acara media umum yang dilakukan oleh anak sekarang. Mereka dengan mudahnya melaksanakan bullying, kritik, mempertontonkan kemesraan sampai caption yang tidak semestinya. Untuk sanggup melaksanakan pengawasan dan kontrol terhadap anak, orang bau tanah dan guru harus menguasai media umum juga. Apabila anak lebih sering memakai instagram, maka kita juga harus mempunyai instagram untuk mengawasi acara online mereka.

Tidak gampang memang mempelajari cara penggunaan media umum di usia yang sudah tua. Namun, tidak ada cara lain untuk melaksanakan pengawasan, kecuali kalau kita mengikuti perkembangan teknologi juga. Kita sanggup minta diajarkan oleh sobat atau saudara yang mungkin lebih jago dalam memakai media umum ini.

Penanaman Nilai dan Keimanan secara Rutin

Cara bijak menghadapi fenomena Kids Zaman Now yang lainnya yakni memperlihatkan penanaman nilai dan keimanan yang berpengaruh pada anak. Nilai dan keimanan menjadi tiang atau pegangan bagi anak untuk melaksanakan aneka macam hal. Anak yang mempunyai keimanan dan nilai yang positif, maka mereka akan sanggup mengontrol bagaimana cara penggunaan media umum dan bertingkah dengan bijak. Berbeda dengan mereka yang cenderung dibiarkan, maka mereka akan gampang terjerumus.

Sebagai orang  bau tanah atau guru, kita harus sanggup memposisikan diri sebagai sobat biar anak merasa nyaman ketika mengungkapkan segala hal kepada kita. Dari situlah kita sanggup mengajarkan kepada anak mengenai nilai-nilai yang harus dipegang kuat, mirip dihentikan menyakiti orang lain, semua perbuatan harus dipertanggung jawabkan dan prinsip lainnya.

Sedangkan untuk keimanan, kita sanggup mengajarkan kepada mereka untuk taat pada agama yang diyakini. Dengan percaya pada Tuhan dan taat terhadap pedoman agama, anak akan lebih bijak dalam berperilaku dan berucap.

Demikian cara bijak menghadapi fenomena Kids Zaman Now biar tidak menimbulkan dampak jelek bagi perkembangan anak zaman sekarang.