Kamis, 16 Januari 2020

Soal Matematika Kelas 5 K13 Pecahan Perkalian Dan Pembagian Pecahan

Berikut ini yaitu tumpuan Soal Matematika Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013 Bab Perkalian dan Pembagian Pecahan. Soal sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan dan pembahasan. Semoga Soal Matematika Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013 Bab Perkalian dan Pembagian Pecahan ini sanggup dijadikan referensi untuk berguru khususnya adik-adik kelas 5 SD yang sudah memakai kurikulum 2013 revisi 2017. Selamat berguru ...
       
Berikut ini yaitu tumpuan Soal Matematika Kelas  Soal Matematika Kelas 5 K13 Bab Perkalian dan Pembagian Pecahan
I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c, atau d di depan tanggapan yang paling benar!

1. Hasil dari 5/8 x  4/5 yaitu ....
a. 1/8    
b. 2/5     
c. 1/4       
d. 1/2

2. Hasil dari 3 1/5 x 2 1/4 yaitu ....
a. 7 1/5    
b. 7 2/5     
c. 7 3/5       
d. 8 1/5

3. Hasil dari 4/5 x 0,15 yaitu ....

a. 1 1/10    
b. 1 2/3     
c. 1 3/4     
d. 1 1/5

4. Hasil operasi perkalian dari  5/8  x  2 1/3  yaitu ....

a. 1 5/24    
b. 1 1/24     
c. 1 10/24       
d. 1 11/24

5. Hasil dari 3 1/4 x  3,2  yaitu ....
a. 9,5
b. 10,4
c. 10,6
d. 10,75

6. Hasil pengerjaan dari 4 1/2  :   21/4  yaitu ....
a. 1,5
b. 1,75
c. 2
d. 2,15

7. Hasil dari 4,5 : 2/3 yaitu ....
a. 5,135    
b. 6,25
c. 6,75  
d. 8,25

8. Hasil pembagian dari 34/5 : 2,6 yaitu ....
a. 1 6/13    
b. 1 7/15     
c. 1 8/17       
d. 1 9/10

9. Jika  5/9  x  n  = 2 1/4  , maka nilai n yaitu ....
a. 3,85
b. 4,05
c. 4,15
d. 4,5

10. Hasil dari 4 1/2   :  1,25 : 11/5  yaitu ....
a. 2,75
b. 2,85
c. 3
d. 3,15

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tanggapan yang benar !

1. Hasil dari 4 4/9 x   31/4  yaitu ....
2. 2,75 x 32/5  = ....
3. Hasil dari  3 1/5  : 0,5 yaitu ....
4. Hasil pengerjaan dari 3,75 : 2 1/2 yaitu ....
5. Hasil pengerjaan dari 2,25 x 9/10 yaitu ....
6. 36/8  x 1/4 =....
7. Hasil pengerjaan dari 33/4 x 3 1/2 yaitu ....
8.  6 1/8  :  2,8  = ....
9. 3,5 : 2 1/2 = ....
10. Hasil dari 11/4 : 2,5 x 2 1/3 yaitu ....

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terperinci dan tepat!

1. Pak Budi membeli 5 1/2 lusin pensil. Seluruh pensil tersebut akan dibagikan kepada beberapa muridnya. Setiap anak mendapat 1/6 lusin. Berapa anak yang mendapat pensil?
Jawab : ..................................................................................................
................................................................

2. Gaji ayah setiap bulan yaitu Rp 5.400.000,00.  1/10 untuk biaya transportasi. 2/5 untuk keperluan sehari-hari, 1/3  untuk biaya pendidikan anak-anaknya, sedangkan sisanya untuk ditabung. Berapa uang ayah untuk ditabung?
Jawab : ..................................................................................................
................................................................

3. Di sebuah kios buah, Tina membeli 5 1/2 kg jeruk. Di kios yang sama, Iza membeli jeruk 2 1/2  kali yang dibeli Tina. Berapa kg jeruk yang dibeli Iza?
Jawab : ..................................................................................................
................................................................

4. Ibu membeli 18,75 liter minyak goreng. Minyak goreng tersebut akan dimasukkan ke dalam 15 kantong plastik. Berapa liter minyak goreng dalam masing-masing kantong plastik?
Jawab : ..................................................................................................
................................................................

5. Bu Susi mempunyai 2 kwintal beras. Sebanyak  5/8 disumbangkan kepada korban banjir. Berapa kg beras yang disumbangkan?
Jawab : ..................................................................................................
................................................................

Jika ingin melihat tampilan orisinil soal dalam mode full screen, silahkan buka link di bawah ini. Soal boleh didownload, diedit dan silahkan dipakai sebagaimana mestinya. ↓

Soal Matematika Kelas 5 Semester 1 K13 Bab Perkalian dan Pembagian Pecahan

Jika ingin mendownload soal beserta kunci tanggapan dan pembahasan, berikut ini linknya ↓

Soal Matematika Kelas 5 Semester 1 K13 Bab Perkalian dan Pembagian Pecahan plus Kunci Jawaban dan Pembahasan

Agar soal sanggup diedit-edit dengan mudah, berikut ini file aslinya ⇩

Soal Matematika Kelas 5 Semester 1 K13 Bab Perkalian dan Pembagian Pecahan (Dokumen Word)

Itulah Soal Matematika Kelas 5 K13 Bab Perkalian dan Pembagian Pecahan yang sanggup aku bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.

Rumus Waktu Berpapasan Dan Susul Menyusul Plus Pola Soal

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Materi yang akan kita bahas kali ini sangat berkaitan dengan pembelajaran tersebut yaitu perihal berpapasan dan menyusul.
 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Ketika dua orang melaksanakan perjalanan dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama, biasanya mereka akan berpapasan. Pun kalau dua orang melaksanakan perjalanan dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama, besar kemungkinan mereka susul menyusul. Pada pembelajaran sebelumnya, telah  dibahas cara menuntaskan soal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Ketika bertemu soal perihal waktu berpapasan atau susul menyusul, bagaimana cara mengerjakannya? Mari kita pelajari tolong-menolong cara menuntaskan soal tersebut dengan Rumus Waktu Berpapasan dan Menyusul. Agar lebih gampang memahaminya, simak juga teladan soalnya.

Namun sebelum membahas bahan perihal waktu berpapasan dan menyusul, alangkah baiknya kita mengingat kembali bahan perihal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh yang rumusnya sanggup diingat dan diterapkan dengan gampang kemudian gres dilanjutkan dengan mempelajari rumus waktu berpapasan dan menyusul.

Rumus Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Kita tentu masih ingat, untuk mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh, kita sanggup memakai rumus ibarat berikut ini.
 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal
Segitiga ini gampang diingat. Untuk mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh, kita cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanyakan. Sehingga kita akan tahu tanpa menghafal, bahwa :

J = Jarak
K = Kecepatan
W = Waktu

Mencari Jarak (J) = K x W
Mencari Kecepatan (K) = J : W
Mencari Waktu (W) = J : K

Jika ingin mengetahui 30 teladan soal perihal jarak, kecepatan dan waktu tempuh, silahkan baca :

Soal Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh plus Kunci Jawaban dan Pembahasan

Dan berikut ini inti dari bahan yang akan kita bahas yaitu bagaimana cara menuntaskan soal yang berkaitan dengan waktu berpapasan dan menyusul.

Rumus Waktu Berpapasan

Ketika dua orang melaksanakan perjalanan biasanya mereka berangkat pada waktu yang sama. Namun terkadang ada selisih waktu keberangkatan mereka. Oleh alasannya itu, di sini rumus dibedakan menjadi dua jenis, yaitu rumus berpapasan dikala waktu berangkat sama dan rumus berpapasan dikala waktu berangkat berbeda.

Rumus Berpapasan Jika Waktu Berangkat Sama

Rumus ini dipakai untuk menuntaskan soal yang melibatkan dua orang yang berangkat dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama. Kedua orang tersebut berangkat pada waktu yang sama.

Rumus berpapasan kalau waktu berangkat sama yaitu sebagai berikut.

 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Keterangan
Jarak total = Jarak yang akan ditempuh
Kecepatan 1 = Kecepatan orang pertama
Kecepatan 2 = Kecepatan orang kedua

Contoh Soal
Jarak rumah Andi dan rumah Budi 275 km. Andi berkendara dari rumahnya menuju rumah Budi pada pukul 10.00 dengan kecepatan rata-rata 52 km/jam. Pada waktu bersamaan Budi berkendara menuju rumah Andi dengan kecepatan 58 km/jam. Jika melalui jalan yang sama dan semua lancar, pada pukul berapakah mereka akan berpapasan?

Pembahasan
Diketahui jarak tempuh = 275 km
Kecepatan 1 (Andi) = 52 km/jam
Kecepatan 2 (Budi) = 58 km/jam
Waktu berangkat = pukul 10.00

Kita cari dulu waktu berpapasan dengan rumus:

 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Setelah diketahui waktu berpapasan. Selanjutnya kita tambahkan dengan waktu berangkat yaitu 10.00 + 2.30 = 12.30
Kaprikornus mereka berpapasan pada pukul 12.30

Rumus Berpapasan Jika Waktu Berangkat Berbeda
Rumus ini dipakai untuk menuntaskan soal yang melibatkan dua orang yang berangkat dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama. Kedua orang tersebut berangkat pada waktu yang berbeda.
Rumus berpapasan kalau waktu berangkat berbeda yaitu sebagai berikut.

 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Contoh Soal
Jarak rumah Arman dan rumah Danu 180 km. Arman berkendara dari rumahnya menuju rumah Danu pada pukul 10.00 dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Pada pukul 10.30 Danu berkendara menuju rumah Arman dengan kecepatan 60 km/jam. Jika melalui jalan yang sama dan semua lancar, pada pukul berapakah mereka akan berpapasan?

Pembahasan
Diketahui jarak total = 180 km
Kecepatan 1 (Arman) = 80 km/jam
Kecepatan 2 (Danu) = 60 km/jam
Kita cari dulu jarak tempuh orang pertama yaitu Arman alasannya ia lebih dulu berangkat dari pada Danu dengan selisih waktu 30 menit. Kita ubah 30 menit menjadi jam = 1/2 jam. Jarak tempuh orang pertama ini merupakan selisih jarak.

Kita gunakan rumus :
J = K x W
J = 80 km/jam x 1/2 jam
J = 40 km
Selisih jarak = 40 km

Kita cari dulu waktu berpapasan dengan rumus:
 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Setelah diketahui waktu berpapasan. Selanjutnya kita tambahkan dengan waktu berangkat orang kedua. 10.30 + 1 = 11.30
Kaprikornus mereka berpapasan pada pukul 11.30

Rumus Menyusul

Rumus ini dipakai untuk menuntaskan soal yang melibatkan dua orang yang berangkat dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama namun dengan waktu dan kecepatan berbeda. Biasanya, kecepatan orang kedua lebih tinggi dari kecepatan orang pertama. Pertanyaan yang sering diberikan yaitu pukul berapa orang ke dua sanggup menyusul orang pertama yang telah berangkat lebih dulu.

Rumus menyusul yaitu sebagai berikut.

 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal
Contoh Soal 
Lina dan Leni yang tinggal di Surabaya. Mereka akan pergi ke Semarang. Lina berangkat pada pukul 06.40 dengan kecepatan 60 km/jam. Kemudian pada pukul 07.00 Leni berangkat dengan kecepatan 70 km/jam. Pukul berapakah Leni menyusul Lina?

Pembahasan
Kecepatan 1 (Lina) = 60 km/jam
Kecepatan 2 (Leni) = 70 km/jam

Kita cari dulu jarak tempuh orang pertama yaitu Lina alasannya ia lebih dulu berangkat dari pada Leni dengan selisih waktu 20 menit. Kita ubah 20 menit menjadi jam = 20/60 = 1/3 jam. Jarak tempuh orang pertama ini merupakan selisih jarak.

Kita gunakan rumus :
J = K x W
J = 60 km/jam x 1/3 jam
J = 20 km
Selisih jarak = 20 km

Kita cari dulu waktu menyusul dengan rumus: 

 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Setelah diketahui waktu menyusul. Selanjutnya kita tambahkan dengan waktu berangkat orang kedua. 07.00 + 2 = 09.00
Kaprikornus Leni menyusul Lina pada pukul 09.00

Itulah Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal. Semoga bermanfaat.

Rumus Waktu Berpapasan Dan Susul Menyusul Plus Pola Soal

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Materi yang akan kita bahas kali ini sangat berkaitan dengan pembelajaran tersebut yaitu perihal berpapasan dan menyusul.
 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Ketika dua orang melaksanakan perjalanan dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama, biasanya mereka akan berpapasan. Pun kalau dua orang melaksanakan perjalanan dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama, besar kemungkinan mereka susul menyusul. Pada pembelajaran sebelumnya, telah  dibahas cara menuntaskan soal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Ketika bertemu soal perihal waktu berpapasan atau susul menyusul, bagaimana cara mengerjakannya? Mari kita pelajari tolong-menolong cara menuntaskan soal tersebut dengan Rumus Waktu Berpapasan dan Menyusul. Agar lebih gampang memahaminya, simak juga teladan soalnya.

Namun sebelum membahas bahan perihal waktu berpapasan dan menyusul, alangkah baiknya kita mengingat kembali bahan perihal jarak, kecepatan, dan waktu tempuh yang rumusnya sanggup diingat dan diterapkan dengan gampang kemudian gres dilanjutkan dengan mempelajari rumus waktu berpapasan dan menyusul.

Rumus Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Kita tentu masih ingat, untuk mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh, kita sanggup memakai rumus ibarat berikut ini.
 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal
Segitiga ini gampang diingat. Untuk mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh, kita cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanyakan. Sehingga kita akan tahu tanpa menghafal, bahwa :

J = Jarak
K = Kecepatan
W = Waktu

Mencari Jarak (J) = K x W
Mencari Kecepatan (K) = J : W
Mencari Waktu (W) = J : K

Jika ingin mengetahui 30 teladan soal perihal jarak, kecepatan dan waktu tempuh, silahkan baca :

Soal Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh plus Kunci Jawaban dan Pembahasan

Dan berikut ini inti dari bahan yang akan kita bahas yaitu bagaimana cara menuntaskan soal yang berkaitan dengan waktu berpapasan dan menyusul.

Rumus Waktu Berpapasan

Ketika dua orang melaksanakan perjalanan biasanya mereka berangkat pada waktu yang sama. Namun terkadang ada selisih waktu keberangkatan mereka. Oleh alasannya itu, di sini rumus dibedakan menjadi dua jenis, yaitu rumus berpapasan dikala waktu berangkat sama dan rumus berpapasan dikala waktu berangkat berbeda.

Rumus Berpapasan Jika Waktu Berangkat Sama

Rumus ini dipakai untuk menuntaskan soal yang melibatkan dua orang yang berangkat dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama. Kedua orang tersebut berangkat pada waktu yang sama.

Rumus berpapasan kalau waktu berangkat sama yaitu sebagai berikut.

 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Keterangan
Jarak total = Jarak yang akan ditempuh
Kecepatan 1 = Kecepatan orang pertama
Kecepatan 2 = Kecepatan orang kedua

Contoh Soal
Jarak rumah Andi dan rumah Budi 275 km. Andi berkendara dari rumahnya menuju rumah Budi pada pukul 10.00 dengan kecepatan rata-rata 52 km/jam. Pada waktu bersamaan Budi berkendara menuju rumah Andi dengan kecepatan 58 km/jam. Jika melalui jalan yang sama dan semua lancar, pada pukul berapakah mereka akan berpapasan?

Pembahasan
Diketahui jarak tempuh = 275 km
Kecepatan 1 (Andi) = 52 km/jam
Kecepatan 2 (Budi) = 58 km/jam
Waktu berangkat = pukul 10.00

Kita cari dulu waktu berpapasan dengan rumus:

 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Setelah diketahui waktu berpapasan. Selanjutnya kita tambahkan dengan waktu berangkat yaitu 10.00 + 2.30 = 12.30
Kaprikornus mereka berpapasan pada pukul 12.30

Rumus Berpapasan Jika Waktu Berangkat Berbeda
Rumus ini dipakai untuk menuntaskan soal yang melibatkan dua orang yang berangkat dari arah berlawanan dan melalui jalur yang sama. Kedua orang tersebut berangkat pada waktu yang berbeda.
Rumus berpapasan kalau waktu berangkat berbeda yaitu sebagai berikut.

 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Contoh Soal
Jarak rumah Arman dan rumah Danu 180 km. Arman berkendara dari rumahnya menuju rumah Danu pada pukul 10.00 dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Pada pukul 10.30 Danu berkendara menuju rumah Arman dengan kecepatan 60 km/jam. Jika melalui jalan yang sama dan semua lancar, pada pukul berapakah mereka akan berpapasan?

Pembahasan
Diketahui jarak total = 180 km
Kecepatan 1 (Arman) = 80 km/jam
Kecepatan 2 (Danu) = 60 km/jam
Kita cari dulu jarak tempuh orang pertama yaitu Arman alasannya ia lebih dulu berangkat dari pada Danu dengan selisih waktu 30 menit. Kita ubah 30 menit menjadi jam = 1/2 jam. Jarak tempuh orang pertama ini merupakan selisih jarak.

Kita gunakan rumus :
J = K x W
J = 80 km/jam x 1/2 jam
J = 40 km
Selisih jarak = 40 km

Kita cari dulu waktu berpapasan dengan rumus:
 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Setelah diketahui waktu berpapasan. Selanjutnya kita tambahkan dengan waktu berangkat orang kedua. 10.30 + 1 = 11.30
Kaprikornus mereka berpapasan pada pukul 11.30

Rumus Menyusul

Rumus ini dipakai untuk menuntaskan soal yang melibatkan dua orang yang berangkat dari arah yang sama dan melalui jalur yang sama namun dengan waktu dan kecepatan berbeda. Biasanya, kecepatan orang kedua lebih tinggi dari kecepatan orang pertama. Pertanyaan yang sering diberikan yaitu pukul berapa orang ke dua sanggup menyusul orang pertama yang telah berangkat lebih dulu.

Rumus menyusul yaitu sebagai berikut.

 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal
Contoh Soal 
Lina dan Leni yang tinggal di Surabaya. Mereka akan pergi ke Semarang. Lina berangkat pada pukul 06.40 dengan kecepatan 60 km/jam. Kemudian pada pukul 07.00 Leni berangkat dengan kecepatan 70 km/jam. Pukul berapakah Leni menyusul Lina?

Pembahasan
Kecepatan 1 (Lina) = 60 km/jam
Kecepatan 2 (Leni) = 70 km/jam

Kita cari dulu jarak tempuh orang pertama yaitu Lina alasannya ia lebih dulu berangkat dari pada Leni dengan selisih waktu 20 menit. Kita ubah 20 menit menjadi jam = 20/60 = 1/3 jam. Jarak tempuh orang pertama ini merupakan selisih jarak.

Kita gunakan rumus :
J = K x W
J = 60 km/jam x 1/3 jam
J = 20 km
Selisih jarak = 20 km

Kita cari dulu waktu menyusul dengan rumus: 

 banyak permasalahan yang berkaitan dengan jarak Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal

Setelah diketahui waktu menyusul. Selanjutnya kita tambahkan dengan waktu berangkat orang kedua. 07.00 + 2 = 09.00
Kaprikornus Leni menyusul Lina pada pukul 09.00

Itulah Rumus Waktu Berpapasan dan Susul Menyusul plus Contoh Soal. Semoga bermanfaat.

Soal Pembagian Pecahan Desimal Dari Yang Gampang Hingga Yang Sulit

Masih ingat tidak, trik yang pernah saya bagikan perihal cara gampang menghitung pembagian pecahan desimal. Pada artikel tersebut, saya telah membagikan pola soal untuk PR. Bagaimana? Sudah dikerjakan belum? Jika sudah, apakah cara mengerjakannya juga sama dengan trik yang saya bagikan? Atau mungkin kalian punya cara lain. Baiklah, berikut ini akan saya bahas lagi Soal Pembagian Pecahan Desimal dari Yang Praktis hingga Yang Sulit beserta cara Penyelesaiannya. Beberapa soal saya ambil dari soal untuk PR.

 trik yang pernah saya bagikan perihal cara gampang menghitung pembagian pecahan desimal Soal Pembagian Pecahan Desimal dari Yang Praktis hingga Yang Sulit

Kalau kalian lupa dengan trik yang sudah pernah saya bagikan, silahkan dibuka lagi. Atau mungkin ada yang belum pernah membacanya sama sekali alasannya memang gres menemukan blog sederhana ini. Tak kenal maka tak sayang. Betul? Maka dari itu, kenalan dulu yaa :). Nah, semoga kalian tahu bagaimana sih cara paling gampang dan cepat menuntaskan soal pembagian pecahan desimal, silahkan baca di bawah ini.

Cara Paling Praktis Menghitung Pembagian Pecahan Desimal

Bagaimana? memang gampang kan? Kalian dapat mencoba memakai angka lain. Operasi hitung pembagian dapat dilakukan terhadap bilangan lingkaran maupun pecahan baik pecahan biasa, campuran, persen, dan pecahan desimal. Untuk pembagian pecahan desimal, cara mengerjakannya sama dengan cara mengerjakan pembagian bilangan bulat.

Cobalah untuk meletakkan koma sesuka hati. Lakukan operasi hitung pembagian. Membagi pecahan desimal dengan pecahan desimal, pecahan desimal dengan bilangan lingkaran atau sebaliknya. Gunakan trik ibarat yang sudah saya bagikan dan lihatlah hasilnya. Hasil selesai dari pengerjaan dijamin akurat kalau trik tersebut diterapkan dengan benar.

Cara Menghitung Pembagian Pecahan Desimal

Untuk menghitung pembagian pecahan desimal, sebetulnya ada dua cara yaitu dengan mengubah semua pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa dulu gres dibagi dengan cara membalik pembilang dan penyebut dari pecahan pembagi. Namun cara ibarat ini agak usang alasannya pada pada dasarnya sama yaitu sama-sama harus membagi dengan porogapit. Di sini saya beri satu pola soal.

Cara Pembagian Pecahan Desimal dengan Mengubah Bentuk Pecahan

Jika kita menghitung pembagian pecahan desimal dengan cara mengubah bentuk pecahan desimal menjadi pecahan biasa, caranya ibarat di bawah ini.

 trik yang pernah saya bagikan perihal cara gampang menghitung pembagian pecahan desimal Soal Pembagian Pecahan Desimal dari Yang Praktis hingga Yang Sulit

Cara Pembagian Pecahan Desimal dengan Memperhatikan Koma

Jika kita menghitung pembagian pecahan desimal dengan hanya memperhatikan koma, caranya ibarat di bawah ini.

 trik yang pernah saya bagikan perihal cara gampang menghitung pembagian pecahan desimal Soal Pembagian Pecahan Desimal dari Yang Praktis hingga Yang Sulit

Pada gambar ada keterangan sedemikian rupa, tapi sebetulnya yang diharapkan hanya pembagian dengan cara porogapit saja untuk mengetahui hasil berupa bilangan bulat. Selanjutnya kita hanya memperhatikan jumlah desimal (koma) pada bilangan yang dibagi dengan jumlah desimal (koma) pada bilangan pembagi.
Untuk menghitung pembagian pecahan desimal, yang harus diperhatikan yaitu angka-angka di belakang koma antara bilangan yang dibagi dengan bilangan pembagi. Pada operasi hitung pembagian pecahan desimal "Jumlah desimal pada bilangan yang dibagi dikurangi jumlah desimal pada bilangan pembagi".
Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian berikut ini :

*Jika hasil pengurangan yaitu bilangan positif, maka jumlah desimal pada tanggapan sebanyak hasil pengurangan tersebut.

Contoh 1
1,92 : 1,2 = ....
192 : 12 = 16
1, 92 ada 2 desimal
1,2 ada 1 desimal
2 - 1 = 1, berarti ada satu desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan satu desimal menjadi 1,6
Jadi, 1,92 : 1,2 = 1,6

Contoh 2
1,92 : 12 = .... 0,16
192 : 12 = 16
1, 92 ada 2 desimal
12 tanpa desimal (koma) sehingga diartikan 0
2 - 0 = 2, berarti ada dua desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan dua desimal menjadi 0,16
Kaprikornus 1,92 : 12 = 0,16

Contoh 3
0,192 : 12 = ....
192 : 12 = 16
0,192 ada 3 desimal
12 tanpa desimal
3 - 0 = 3, berarti ada tiga desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan tiga desimal menjadi 0,016
Jadi 0,192 : 12 = 0,016

Contoh 4
0,192 : 01,2 = ....
192 : 12 = 16
0,192 ada 3 desimal
01,2 ada 1 desimal
3 - 1 = 2, berarti ada dua desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan dua desimal menjadi 0,16
Kaprikornus 0,192 : 01,2 = 0,16

Contoh 5
0,192 : 0,12 = ....
192 : 12 = 16
0,192 ada 3 desimal
0,12 ada 2 desimal
3 - 2 = 1, berarti ada satu desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan satu desimal menjadi 1,6
Kaprikornus 0,192 : 0,12 = 1,6

*Jika hasil pengurangan yaitu nol (0), maka tanggapan niscaya bilangan lingkaran tanpa desimal (tidak ada koma). 

Contoh :
19,2 : 1,2 = ....
192 : 12 = 16
19,2 ada 1 desimal
1,2 ada 1 desimal
1 - 1 = 0, berarti ada nol desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan nol desimal menjadi tetap 16
Kaprikornus 9,2 : 1,2 = 16

*Jika hasil pengurangan yaitu bilangan negatif, maka tambahkan nol dibelakang tanggapan sebanyak bilangan negatif tersebut.

Contoh 1 :
19,2 : 0,12 = ....
192 : 12 = 16
19,2 ada 1 desimal
0,12 ada 2 desimal
1 - 2 = -1, berarti ada satu nol di belakang jawaban. Jawaban yang asalnya 16 menjadi 160
Kaprikornus 19,2 : 0,12 = 160

Contoh 2 :
19,2 : 0,012 = ....
192 : 12 = 16
19,2 ada 1 desimal
0,012 ada 3 desimal
1 - 3 = -2, berarti ada dua nol di belakang jawaban. Jawaban yang asalnya 16 menjadi 1.600
Kaprikornus 19,2 : 0,012 = 1.600

Itulah cara membagi pecahan desimal. Kedua cara di atas sama-sama mudah. Silahkan pilih yang mana yang berdasarkan kalian paling gampang tanpa takut salah.

Soal Pembagian Desimal dan Cara Penyelesaiannya

Nah, ini ia PR yang pernah saya bagikan dulu. Berikut ini cara penyelesaiannya. Saya gunakan cara kedua saja. Ok !

1. 1.209 : 18,6 = ....
Penyelesaian
1.209 : 186 = 6,5
0 - 1 = -1 (+0)
6,5 jadi 65
1.209 : 18,6 = 65

2. 2,925 : 6,5 = ...
Penyelesaian
1. 2.925 : 65 = 45
3 - 1 = 2 koma
45 jadi 0,45
2,925 : 6,5 = 0,45

3. 7,975 : 0,055 = ...
Penyelesaian
7.975 : 55 = 145
3 - 3 = 0 koma
145 tetap 145
7,975 : 0,055 = 145

4. 81,27 : 1,89 = ...
Penyelesaian
8.127 : 189 = 43
2 - 2 = 0 koma
43 tetap 43
81,27 : 1,89 = 43

5. 4608 : 0,36 = ...
Penyelesaian
4.608 : 36  = 128
0 - 2 = -2 (+00)
128 jadi 12.800
4608 : 0,36 = 12.800

6. 36 : 0,008 = ...
Penyelesaian
36 : 8 = 4,5
0 - 3 = -3 (+000)
4,5 jadi 4.500
36 : 0,008 = 4.500

7. 20.456,8 : 72,8 = ...
Penyelesaian
204.568 : 728 = 281
1 - 1 = 0
281 tetap 281
20.456,8 : 72,8 = 281

8. 260,145 : 6,15 = ...
Penyelesaian
260.145 : 615 = 423
3 - 2 = 1 koma
423 jadi 42,3
260,145 : 6,15 = 42,3

9. 12,3375 : 70,5 = ...
Penyelesaian
123.375 : 705 = 175
4 - 1 = 3 koma
175 jadi 0,175
12,3375 : 70,5 = 0,175

10. 163,704 : 35,9 = ...
Penyelesaian
163.704 : 359 = 456
3 - 1 = 2 koma
456 jadi 4,56
163,704 : 35,9 = 4,56

Bagaimana adik-adik. Sudah cukup terang kan? Semoga dengan adanya Soal Pembagian Pecahan Desimal dari Yang Praktis hingga Yang Sulit lengkap dengan cara penyelesaiannya ini dapat menambah wawasan kita semua dalam mempelajari Matematika. 

Soal Pembagian Pecahan Desimal Dari Yang Gampang Hingga Yang Sulit

Masih ingat tidak, trik yang pernah saya bagikan perihal cara gampang menghitung pembagian pecahan desimal. Pada artikel tersebut, saya telah membagikan pola soal untuk PR. Bagaimana? Sudah dikerjakan belum? Jika sudah, apakah cara mengerjakannya juga sama dengan trik yang saya bagikan? Atau mungkin kalian punya cara lain. Baiklah, berikut ini akan saya bahas lagi Soal Pembagian Pecahan Desimal dari Yang Praktis hingga Yang Sulit beserta cara Penyelesaiannya. Beberapa soal saya ambil dari soal untuk PR.

 trik yang pernah saya bagikan perihal cara gampang menghitung pembagian pecahan desimal Soal Pembagian Pecahan Desimal dari Yang Praktis hingga Yang Sulit

Kalau kalian lupa dengan trik yang sudah pernah saya bagikan, silahkan dibuka lagi. Atau mungkin ada yang belum pernah membacanya sama sekali alasannya memang gres menemukan blog sederhana ini. Tak kenal maka tak sayang. Betul? Maka dari itu, kenalan dulu yaa :). Nah, semoga kalian tahu bagaimana sih cara paling gampang dan cepat menuntaskan soal pembagian pecahan desimal, silahkan baca di bawah ini.

Cara Paling Praktis Menghitung Pembagian Pecahan Desimal

Bagaimana? memang gampang kan? Kalian dapat mencoba memakai angka lain. Operasi hitung pembagian dapat dilakukan terhadap bilangan lingkaran maupun pecahan baik pecahan biasa, campuran, persen, dan pecahan desimal. Untuk pembagian pecahan desimal, cara mengerjakannya sama dengan cara mengerjakan pembagian bilangan bulat.

Cobalah untuk meletakkan koma sesuka hati. Lakukan operasi hitung pembagian. Membagi pecahan desimal dengan pecahan desimal, pecahan desimal dengan bilangan lingkaran atau sebaliknya. Gunakan trik ibarat yang sudah saya bagikan dan lihatlah hasilnya. Hasil selesai dari pengerjaan dijamin akurat kalau trik tersebut diterapkan dengan benar.

Cara Menghitung Pembagian Pecahan Desimal

Untuk menghitung pembagian pecahan desimal, sebetulnya ada dua cara yaitu dengan mengubah semua pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa dulu gres dibagi dengan cara membalik pembilang dan penyebut dari pecahan pembagi. Namun cara ibarat ini agak usang alasannya pada pada dasarnya sama yaitu sama-sama harus membagi dengan porogapit. Di sini saya beri satu pola soal.

Cara Pembagian Pecahan Desimal dengan Mengubah Bentuk Pecahan

Jika kita menghitung pembagian pecahan desimal dengan cara mengubah bentuk pecahan desimal menjadi pecahan biasa, caranya ibarat di bawah ini.

 trik yang pernah saya bagikan perihal cara gampang menghitung pembagian pecahan desimal Soal Pembagian Pecahan Desimal dari Yang Praktis hingga Yang Sulit

Cara Pembagian Pecahan Desimal dengan Memperhatikan Koma

Jika kita menghitung pembagian pecahan desimal dengan hanya memperhatikan koma, caranya ibarat di bawah ini.

 trik yang pernah saya bagikan perihal cara gampang menghitung pembagian pecahan desimal Soal Pembagian Pecahan Desimal dari Yang Praktis hingga Yang Sulit

Pada gambar ada keterangan sedemikian rupa, tapi sebetulnya yang diharapkan hanya pembagian dengan cara porogapit saja untuk mengetahui hasil berupa bilangan bulat. Selanjutnya kita hanya memperhatikan jumlah desimal (koma) pada bilangan yang dibagi dengan jumlah desimal (koma) pada bilangan pembagi.
Untuk menghitung pembagian pecahan desimal, yang harus diperhatikan yaitu angka-angka di belakang koma antara bilangan yang dibagi dengan bilangan pembagi. Pada operasi hitung pembagian pecahan desimal "Jumlah desimal pada bilangan yang dibagi dikurangi jumlah desimal pada bilangan pembagi".
Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian berikut ini :

*Jika hasil pengurangan yaitu bilangan positif, maka jumlah desimal pada tanggapan sebanyak hasil pengurangan tersebut.

Contoh 1
1,92 : 1,2 = ....
192 : 12 = 16
1, 92 ada 2 desimal
1,2 ada 1 desimal
2 - 1 = 1, berarti ada satu desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan satu desimal menjadi 1,6
Jadi, 1,92 : 1,2 = 1,6

Contoh 2
1,92 : 12 = .... 0,16
192 : 12 = 16
1, 92 ada 2 desimal
12 tanpa desimal (koma) sehingga diartikan 0
2 - 0 = 2, berarti ada dua desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan dua desimal menjadi 0,16
Kaprikornus 1,92 : 12 = 0,16

Contoh 3
0,192 : 12 = ....
192 : 12 = 16
0,192 ada 3 desimal
12 tanpa desimal
3 - 0 = 3, berarti ada tiga desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan tiga desimal menjadi 0,016
Jadi 0,192 : 12 = 0,016

Contoh 4
0,192 : 01,2 = ....
192 : 12 = 16
0,192 ada 3 desimal
01,2 ada 1 desimal
3 - 1 = 2, berarti ada dua desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan dua desimal menjadi 0,16
Kaprikornus 0,192 : 01,2 = 0,16

Contoh 5
0,192 : 0,12 = ....
192 : 12 = 16
0,192 ada 3 desimal
0,12 ada 2 desimal
3 - 2 = 1, berarti ada satu desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan satu desimal menjadi 1,6
Kaprikornus 0,192 : 0,12 = 1,6

*Jika hasil pengurangan yaitu nol (0), maka tanggapan niscaya bilangan lingkaran tanpa desimal (tidak ada koma). 

Contoh :
19,2 : 1,2 = ....
192 : 12 = 16
19,2 ada 1 desimal
1,2 ada 1 desimal
1 - 1 = 0, berarti ada nol desimal (koma) pada jawaban. Jawaban yang asalnya 16 dijadikan nol desimal menjadi tetap 16
Kaprikornus 9,2 : 1,2 = 16

*Jika hasil pengurangan yaitu bilangan negatif, maka tambahkan nol dibelakang tanggapan sebanyak bilangan negatif tersebut.

Contoh 1 :
19,2 : 0,12 = ....
192 : 12 = 16
19,2 ada 1 desimal
0,12 ada 2 desimal
1 - 2 = -1, berarti ada satu nol di belakang jawaban. Jawaban yang asalnya 16 menjadi 160
Kaprikornus 19,2 : 0,12 = 160

Contoh 2 :
19,2 : 0,012 = ....
192 : 12 = 16
19,2 ada 1 desimal
0,012 ada 3 desimal
1 - 3 = -2, berarti ada dua nol di belakang jawaban. Jawaban yang asalnya 16 menjadi 1.600
Kaprikornus 19,2 : 0,012 = 1.600

Itulah cara membagi pecahan desimal. Kedua cara di atas sama-sama mudah. Silahkan pilih yang mana yang berdasarkan kalian paling gampang tanpa takut salah.

Soal Pembagian Desimal dan Cara Penyelesaiannya

Nah, ini ia PR yang pernah saya bagikan dulu. Berikut ini cara penyelesaiannya. Saya gunakan cara kedua saja. Ok !

1. 1.209 : 18,6 = ....
Penyelesaian
1.209 : 186 = 6,5
0 - 1 = -1 (+0)
6,5 jadi 65
1.209 : 18,6 = 65

2. 2,925 : 6,5 = ...
Penyelesaian
1. 2.925 : 65 = 45
3 - 1 = 2 koma
45 jadi 0,45
2,925 : 6,5 = 0,45

3. 7,975 : 0,055 = ...
Penyelesaian
7.975 : 55 = 145
3 - 3 = 0 koma
145 tetap 145
7,975 : 0,055 = 145

4. 81,27 : 1,89 = ...
Penyelesaian
8.127 : 189 = 43
2 - 2 = 0 koma
43 tetap 43
81,27 : 1,89 = 43

5. 4608 : 0,36 = ...
Penyelesaian
4.608 : 36  = 128
0 - 2 = -2 (+00)
128 jadi 12.800
4608 : 0,36 = 12.800

6. 36 : 0,008 = ...
Penyelesaian
36 : 8 = 4,5
0 - 3 = -3 (+000)
4,5 jadi 4.500
36 : 0,008 = 4.500

7. 20.456,8 : 72,8 = ...
Penyelesaian
204.568 : 728 = 281
1 - 1 = 0
281 tetap 281
20.456,8 : 72,8 = 281

8. 260,145 : 6,15 = ...
Penyelesaian
260.145 : 615 = 423
3 - 2 = 1 koma
423 jadi 42,3
260,145 : 6,15 = 42,3

9. 12,3375 : 70,5 = ...
Penyelesaian
123.375 : 705 = 175
4 - 1 = 3 koma
175 jadi 0,175
12,3375 : 70,5 = 0,175

10. 163,704 : 35,9 = ...
Penyelesaian
163.704 : 359 = 456
3 - 1 = 2 koma
456 jadi 4,56
163,704 : 35,9 = 4,56

Bagaimana adik-adik. Sudah cukup terang kan? Semoga dengan adanya Soal Pembagian Pecahan Desimal dari Yang Praktis hingga Yang Sulit lengkap dengan cara penyelesaiannya ini dapat menambah wawasan kita semua dalam mempelajari Matematika. 

Jumat, 21 April 2017

Soal Uts Pai (Pendidikan Agama Islam) Kelas 3 Semester 1 Tahun 2018

Berikut ini ialah pola soal UTS PAI (Pendidikan Agama Islam) kelas 3 semester 1 terbaru tahun aliran 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS PAI kelas 3 semester 1 ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 3 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester 1.

Soal UTS Pendidikan Agama Islam Kelas 3 Semester 1

 Soal sudah dilengkapi dengan kunci balasan Soal UTS PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 3 Semester 1 Tahun 2018
I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a , b, c atau d di depan balasan yang paling benar !
1. Huruf Arab disebut juga abjad ....
a. Al-Qur’an
b. Hijaiyah
c. Latin
d. India

2. Bacaan izhar sebaiknya dibaca ....
a. samar
b. terperinci
c. mendengung
d. sengau

3. Huruf Idghom Bigunnah ada ....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

4. بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Ayat di atas yang memakai tajwid ialah ....
a. ه dan ح
b. س dan ح
c. ل dan ر
d. ن dan م

5. Pada lafadz وَمَا أَدْرَاكَ مَا  abjad yang dibaca mad ialah ....
a. ر dan ل
b. ك dan ا
c. ر dan م
d. ر dan و

6. Kitab suci Al-Qur'an diturunkan pada ....
a. 17 Agustus
b. 17 Ramadhan
c. 17 Maulud
d. 17 Dzulhijah

7. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ
Potongan ayat di atas ialah bab dari Al-Qur'an surat ....
a. An-nas
b. Al-kautsar
c. Al-Ikhlas
d. An-Nasr

8. Sifat yang niscaya di miliki oleh Allah disebut sifat ....
a. mustahil
b wajib
c. jaiz
d. mubah

9. Sifat wajib bagi Allah ada ....
a. 10
b. 12
c. 15
d. 20

10. Di bawah ini ialah sifat wajib Allah, kecuali ....
a. qidam
b. baqa’
c. wujud
d. al ahad

11. وَهُوَ بِكُلِّ شَيءٍ عَلِيمٌ
Ayat di atas mempunyai arti ....
a. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu
b. Dia Maha Pengasih dan Maha Penyayang
c. Dia Mengetahui segala sesuatu
d. Dia kawasan bergantung

12. Allah bersifat Qidam artinya Allah itu ....
a. Baru
b. dahulu
c. Kekal
d. bangun sendiri

13. Bukti adanya Allah ialah ....
a. adanya kursi
b. adanya langit dan bumi
c. adanya gedung
d. adanya teknologi

14. Allah Swt disebut Al-Khaliq artinya Allah maha ....
a. Penguasa
b. Pencipta
c. Satu
d. Adil

15. Allah Swt itu bersifat wujud, artinya Allah itu ....
a. kuasa
b. berkehendak
c. ada
d. kekal

16. Alah SWT tidak mungkin rusak, alasannya ialah Allah bersifat ....
a. Wujud
b. Baga
c. Wahdaniyat
d. Qidam

17. Tiada Tuhan Selain Allah, merupakan cerminan dari sifat Allah ....
a. Wahdaniyah
b. Baqa
c. Wujud
d. Ilmu

18. Allah itu ada. Hal tersebut tercermin dalam Al-Qur’an Surah ....
a. Al-Baqarah: 163
b. Al-Hadid: 3
c. Al-Baqarah: 2
d. Al-Bagarah: 57

19. Adanya alam ini bukti bahwa Allah Swt ....
a. mendengar
b. kekal
c. bangun sendiri
d. ada

20. Dengan sifat Baqa'nya Allah SWT tidak mungkin ....
a. mati
b. rusak
с. tuli
d. bisu

21. Allah berbeda dengan makhluk alasannya ialah Allah mempunyai sifat ....
a. Mukhalafatu lil Hawaditsi
b. Qiyamuhu Binafsihi
c. Iradat
d. Mutakalliman

22. وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ
Kutipan ayat di atas mempunyai arti ....
a. Tiada Tuhan selain Allah
b. Dan Tuhan kau ialah Tuhan Yang Maha Esa
c. Maha Pengasih
c. Maha Penyayang

23. Anak yang mengambil uang orang lain, berarti tidak meyakini bahwa Allah bersifat ....
a. Wujud
b. Qudrot
C. Baqa'
d. Bashar

24. Allah SWT tidak mungkin ....
a. mendengar bunyi semut
b. mendengar bunyi hati
c. melihat di waktu gelap
d. tuli

25. Jika Allah tidak ada, maka alam seisinya ....
a. tidak ada
b. hancur
c. binasa
d. hilang

26. Mambelanjakan uang sesuai kebutuhan disebut ....
a. boros
b, pelit
c. kikir
d. hemat

27. Orang boros ialah saudara ....
a. sendiri
b. pemimpin
c. kandung
d. setan

28. Rajin berguru sanggup menumbuhkan rasa ....
a. percaya diri
b. sopan
c. sombong
d. jujur

29. Orang yang percaya diri akan bersikap ....
a. sopan
b. mandiri
c. jujur
d. angkuh

30. Berikut ini laba tekun belajar, kecuali ....
a. menjadi pintar
b. menjadi bodoh
c mempunyai ilmu pengetahuan
d. berwawasan luas

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan balasan yang benar !
1. Apabila ada nun mati atau tanwin bertemu abjad ba', maka aturan bacaannya ....
2. Cara penulisan Al-Qur’an dari arah ............................................
3. إِنَّه كَانَ تَوَّابًا
Tanda tajwid yang terdapat pada ayat di atas ialah .................................
4. Allahu akbar, kalau di tulis dengan abjad arab ialah .......................
5. Allah bersifat Iradat, artinya Allah itu .............................................
6. Allah SWT kekal awet alasannya ialah Allah mempunyai sifat ............................
7. Sifat-sifat wajib Allah tercantum dalam ...............................
8. Hemat ialah sikap yang .................................
9. Menuntut ilmu hukumnya ...............................
10. Anak yang mempunyai sikap percaya diri dikala ulangan tidak akan ...............

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terperinci dan sempurna !
1. Apakah yang dimaksud dengan tajwid?
Jawab : ..........................................................................................................................................................
..........................................................................................

2. Jelaskan yang disebut dengan tanda baca mad !
Jawab : ..........................................................................................................................................................
..........................................................................................

3. Mengapa kita harus damai dan dihentikan tergesa-gesa dalam membaca Al-Quran?
Jawab : ..........................................................................................................................................................
..........................................................................................

4. Sebutkan 5 sifat wajib Allah dan artinya yang kau ketahui !
Jawab : ..........................................................................................................................................................
..........................................................................................

5. Apa yang dimaksud dengan percaya diri?
Jawab : ..........................................................................................................................................................
..........................................................................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 3 Semester 1 Tahun 2018

Kunci Jawaban Room I

1. b. Hijaiyah
2. b. jelas
3. c. 4
4. c. ل dan ر
5. c. ر dan م
6. b. 17 Ramadhan
7. c. Al-Ikhlas
8. b wajib
9. d. 20
10. d. al ahad
11. c. Dia Mengetahui segala sesuatu
12. b. dahulu
13. b. adanya langit dan bumi
14. b. Pencipta
15. c. ada
16. b. baga
17. a Wahdaniyah
18. a. Al-Baqarah: 163
19. d. ada
20. b. rusak
21. a. Mukhalafatu lil Hawaditsi
22. b. Dan Tuhan kau ialah Tuhan Yang Maha Esa
23. d. Bashar
24. d. tuli
25. a. tidak ada
26. d. hemat
27. d. setan
28. a. percaya diri
29. b. mandiri
30. b. menjadi bodoh

Kunci Jawaban Room II

1. iqlab
2. kiri ke kanan
3. 
4. اَللّهُ اَكْبَرُ
5. berkehendak
6. Baqa
7. Al-Qur'an
8. terpuji
9. wajib
10. menyontek

Kunci Jawaban Room III

1. Tajwid ialah ilmu yang mempelajari perihal tata cara membaca Al-Qur'an
2. Tanda baca mad artinya ialah dibaca panjang 2 ketukan hingga 6 ketukan
3. Allah SWT melarang hambanya untuk membaca Al Qur'an dengan tergesa-gesa.

4. Ar Rahman = Allah Yang Maha Pengasih
    Ar Rahiim = Allah Yang Maha Penyayang
    Al Malik = Allah Yang Maha Merajai (bisa di artikan Raja dari semua Raja)
    Al Quddus = Allah Yang Maha Suci
    Al `Aziiz = Allah Yang Maha Perkasa

5. Percaya diri ialah percaya pada kemampuan diri untuk melaksanakan sesuatu
Note : Soal UTS PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 3 Semester 1 Tahun 2018 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UTS PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 3 Semester 1 Tahun 2018 plus Kunci Jawaban yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Kamis, 20 April 2017

Soal Uts Pai (Pendidikan Agama Islam) Kelas 4 Semester 1 Tahun 2018

Berikut ini ialah pola soal UTS PAI (Pendidikan Agama Islam) kelas 4 semester 1 terbaru tahun aliran 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS PAI kelas 4 semester 1 ini sanggup dijadikan tumpuan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 4 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester 1.

Soal UTS Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Semester 1

 Soal sudah dilengkapi dengan kunci balasan Soal UTS PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 4 Semester 1 Tahun 2018
I. Berilah tanda silang (X) pada karakter a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !

1. Di bawah ini yang termasuk Surah Al-Falah ialah ....
a. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ
b. قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ
c. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَ
d. مَا اَغْنى عَنْهُ مَالُه وَمَا كَسَبَ

2. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, suara ayatnya ialah ....
a. قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ
b. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
c. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَ
d. وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِ

3. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
Lafal bergaris bawah aturan bacaannya ialah ....
a. izhar
b. ikhfa
c. idgam
d. qalqalah

4. Yang membuat alam semesta ialah ....
a. malaikat
b. Allah
c. rasul
d. manusia

5. Bukti bahwa Allah ialah pencipta alam semesta ini dijelaskan dalam firman Allah Surah ....
a. Al-Maidah ayat 7
b. Al-Fätihah ayal 2
c. Al-Baqarah ayat 2
d. Al-Ikhlas ayat 3

6. Allah Maha Agung, alasannya ialah mempunyai sifat ....
a, Al-Alim
b. Al-Adl
c. Al- Basir
d. Al-Azim

7. Firman Allah yang menjelaskan asma Allah Al-Adl ialah ....
a. Al-An'am 115
b. Al-Isra: 5
c. Al-Baqarah : 252
d. Al-Hajj : 75

8. Rukun kepercayaan yang keempat ialah ....
a. kepercayaan kepada Allah
b. kepercayaan kepada kitab
c. kepercayaan kepada Rasul
d. kepercayaan kepada hari kiamat

9. Adanya alam semesta merupakan bukti adanya ....
a. kehidupan
b. aturan alam
c. Allah swt
d. makhluk hidup

10. Allah melihat apa pun yang kita lakukan, alasannya ialah Allah mempunyai asma ....
a. Al-Başir
b. Al-Adl
c. Al-'Azim
d. Al-Quddus

11. Merenungi alam ciptaan Allah akan memperteguh ....
a. wawasan
b. pengetahuan
c. Islam
d. iman

12. Lafal لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ialah suara ....
a. syahadat tauhid
b. syahadat rasul
c. tasbih
d. takbir

13. Nama-nama Allah yang baik elok dan indah disebut ....
a. Qiyamuhu binafsihi
b. Asmaul husna
c. Asbabun nuzul
d. Asbabul wurud

14. Allah bisa melihat makhluk terkecil di alam semesta ini, alasannya ialah Allah mempunyai sifat ....
a. A-Khaliq
b. Al-Sami
c. A-Basir
d. Al-Azīm

15. Risalah Nabi Muhammad ditujukan kepada ....
a. umat terdahulu
b. masyarakat jahiliah
c. semesta alam
d. umat yang akan datang

16. Berikut ini cara mengimani adanya nabi dan rasul, kecuali ....
a. meneladani akhlaknya
b. menghidupkan sunah rasul
c. mengabaikan ajaran-ajarannya
d. mengamalkan syariat yang dibawanya

17. Rasul yang mendapat kitab Taurat ialah ....
a. Musa
b. Daud
c. pemerintahan
d. Muhammad

18. Berikut ini termasuk sifat wajib rasul yaitu ....
a. baladah
b. wujud
c. kitman
d. amanah

19. Dapat dipercaya ialah arti dari ....
a. tablig
b. amanah
c. siddiq
d. fatanah

20. Nabi Muhammad ialah orang yang mendapat gelar Al-Amin yang berarti ....
a. pembohong
b. sanggup dipercaya
c. pendusta
d. munafik

21. Sifat rasul yang artinya cerdas ialah ....
a. amanah
b. fatanah
c. siddiq
d. tablig

22. Sikap hormat dan patuh terhadap guru ialah ....
a. membantah pesan yang tersirat guru
b. membisu jikalau bertemu guru di jalan
c. mengerjakan tugas
d. melalaikan perintah guru

23. Salah satu manfaat anak yang amanah ialah ....
a. dijauhi teman
b. dipercaya teman
c. mempunyai banyak pesaing
d. dimusuhi sahabat dan saudara

24. Apabila kita berdiskusi ada perbedaan pendapat, kita harus ....
a. membiarkan
b. membantah
c. menghargai
d. mencela

25. Contoh perilaku menghargai sahabat ialah ....
a. merendahkan
b. mempedulikan
c. menghargai pendapatnya
d. mengajak

26. Mengamalkan perilaku santun dilakukan ....
a. sekali saja
b. terus menerus
c. ketika dirumah
d. ketika di sekolah

27. Berakhlak siddiq artinya ....
a. berpikir cerdas
b. jujur dalam berkata
c. sanggup dipercaya
d. memberikan pengetahuan

28. Berakhlak amanah berarti berusaha menjadi orang yang ....
a. berpikir cerdas
b. memegang janji
c. Jujur dalam berkata
d. memberikan titipan

29. Orang yang amanah menunaikan apa yang telah dipercayakan kepadanya dengan ....
a. semampunya
b. sekedarnya
c. lambat
d. tanggung jawab

30. Firman Allah yang menjelaskan perintah untuk berkata jujur ialah ....
a. QS. Al-Isra : 53
b. QS. Al-Hujurat : 12
c. QS. Al-Baqarah : 255
d. QS. Al-An’am : 113

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan balasan yang benar !

1. Jumlah ayat Surah Al-Falaq ada .... ayat
2. غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَ         
Lafal bergaris bawah aturan bacaannya ialah ...............................
3. Asmaul Husna Al-Azim artinya .....................................................................
4. Khatamul anbiya wal mursalin ialah sebutan bagi Nabi ..................................
5. Dapat membuat bahtera besar ialah mukjizat Nabi ..........................................
6. Adanya alam semesta merupakan salah satu bukti adanya .................................
7. Nama-nama baik Allah disebut juga dengan ..................................................
8. Allah Maha Melihat terhadap sesuatu yang tampak dan yang ....................................
9. Asma Allah Al-Adl artinya ...................................................................
10. Mukjizat terbesar Nabi Muhammad saw ialah ............................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terang dan tepat !

1. Perintah apakah yang terdapat dalam Surah Al-Falaq?
Jawab :
.......................................................................................................................................
............................................................................................

2. Bagaimana cara kita untuk mengenal Allah swt? Jelaskan!
Jawab :
.......................................................................................................................................
............................................................................................
3. Sebutkan 3 pola perilaku jujur di sekolah !
Jawab :
.......................................................................................................................................
............................................................................................

4. Bagaimana cara menghormati guru di kelas ?
Jawab :
.......................................................................................................................................
............................................................................................

5. Mengapa kita harus bersikap santun kepada siapa saja ?
Jawab :
.......................................................................................................................................
............................................................................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 4 Semester 1 Tahun 2018

Kunci Jawaban Room I

1. c. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَ
2. c. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَ
3. a. izhar
4. b Allah swt
5. b. Al-Fätihah ayal 2
6. d. Al-Azim
7. a. Al-An'am 115
8. c. kepercayaan kepada Rasul
8. c. Allah swt
9. c. Allah swt
10. a. Al-Başir
11. d. iman
12. a. syahadat tauhid
13. b. Asmaul husna
14. c. A-Basir
15. c. semesta alam
16. c. mengabaikan ajaran-ajarannya
17. a. Musa
18. d. amanah
19. b. amanah
20. b. sanggup dipercaya
21. b. fatanah
22. c. mengerjakan tugas
23. b. dipercaya teman
24. c. menghargai
25. c. menghargai pendapatnya
26. b. terus menerus
27. b. jujur dalam berkata
28. d. memberikan titipan
29. d. tanggung jawab
30. a. QS. Al-Isra : 53

Kunci Jawaban Room II

1. 5 ayat
2. izhar
3. Maha Agung
4. Muhammad saw
5. Nuh
6. Allah
7. Asmaul Husna
8. tersembunyi
9. Maha Adil
10. Kitab suci Al-Qur'an

Kunci Jawaban Room III

1. perintah biar umat insan senantiasa memohon sumbangan kepada Allah SWT menghadapi segala keburukan yang tersembunyi.
2. dengan mengenal nama-nama-Nya yang mulia dan sifat-sifat-Nya yang tepat di dalam kitab-kitab suci-Nya dan dengan merenungi semua ciptaan Allah
3. tidak menyontek ketika ulangan, jikalau menemukan uang pribadi mengembalikan kepada pemiliknya, tidak mencuri makanan dan minuman di kantin sekolah
4. mendengarkan guru ketika sedang pertanda pelajaran, sopan dan santun, menuruti apa yang diperintahkannya, tidak pernah melawan kepadanya, mencium tangannya ketika pelajaran telah usai.
5. jikalau kita santun maka orang lain pun menjadi suka dan kita akan mendapat banyak teman
Note : Soal UTS PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 4 Semester 1 Tahun 2018 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UTS PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 4 Semester 1 Tahun 2018 plus Kunci Jawaban yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.